Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wali Kota Madiun Siap Terapkan New Normal di Sentra Ekonomi Baru

Kompas.com - 17/06/2020, 13:08 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota Madiun Maidi memuji masyarakat Kota Madiun yang disiplin menaati protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Baginya, kedisiplinan warga menaati protokol kesehatan di berbagai tempat menunjukkan kesiapan masyarakat Kota Madiun memasuki tatanan kehidupan baru atau new normal.

“Hal ini terlihat saat Sunday Market dibuka kembali, warga dengan kesadarannya sendiri mentaati protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (17/6/2020).

Menurut Maidi, setelah Sunday Market dinobatkan sebagai pasar tangguh di Kota Pendekar, baik pembeli dan pedagang kompak disiplin mentaati protokol kesehatan.

Padahal, terangnya, dalam dua pekan terakhir Sunday Market selalu ramai pengunjung.

Baca juga: Resmikan Pasar Tangguh, Wali Kota Madiun Izinkan Warga Beraktivitas Lagi

Untuk itu, Maidi pun akan memberlakukan penerapan new normal di sentra-sentra ekonomi baru yang berada di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun.

Dia menjelaskan, terobosan itu dilakukan lantaran kehadiran sentra ekonomi baru diprediksi akan cepat mendongkrak perekonomian di Kota Pendekar.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun membangun sentra-sentra ekonomi baru berupa pedestrian Jalan Pahlawan, Taman Sumber Umis, dan sentra kuliner Rimba Darma.

Pembangunan sentra ekonomi baru akan menjadi salah satu andalan Pemkot Madiun meningkatkan pendapatan warga di era new normal.

Kebijakan menerapkan new normal di sentra ekonomi baru ini pun diambil setelah melihat kedisiplinan warga Kota Madiun yang sudah mentaati protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: Pemkot Madiun Anggarkan Rp 1 Miliar untuk Rapid Test Massal

“Dengan demikian, saat sentra ekonomi baru dibuka pemerintah tidak khawatir lagi karena warga sudah biasa tertib dan taat protokol kesehatan,” terang Maidi.

Apalagi, lanjutnya, sejak pandemi Covid-19 melanda, Pemkot Madiun tidak pernah memberlakukan penutupan akses secara total.

Hal itu terlihat dari berbagai kegiatan perekonomian yang masih berjalan di tengah pandemi Covid-19 meski dengan pengawasan yang ketat.

Tak hanya itu, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Madiun pun gencar menyosialisasikan agar warga menaati protokol kesehatan Covid-19.

Untuk itu, orang nomor satu di Pemkot Madiun itu meminta kedisiplinan warga mentaati protokol kesehatan terus dipertahankan.

Baca juga: Peringatan HUT Kota Madiun Dibatalkan, Anggaran Dialihkan untuk Penanganan Covid-19

Apalagi berbagai kegiatan perekonomian sudah mulai berjalan kembali di berbagai tempat.

“Jangan hanya disiplin saat datang di Sunday Market saja. Tetapi saya minta seluruh warga disiplin taat berprotokol kesehatan setiap hari dan dimanapun tempatnya,” jelas Maidi. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com