Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Sarankan Tempat Wisata Pakai Sistem Tiket Online

Kompas.com - 16/06/2020, 09:40 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyarankan para pengelola wisata untuk mulai menerapkan sistem pendaftaran online bagi pengunjung untuk mencegah kerumunan orang selama pandemi Covid-19.

"Saya meminta (penjualan tiket) pakai online. Kalau online, jumlah tiketnya dibatasi, sehingga pas datang dia (pengunjung) menunjukkan (jumlah) sesuai kuotanya,” kata Emil, sapaan akrabnya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (15/6/2020).

Emil mengatakan, pembukaan sektor pariwisata dilakukan secara bertahap.

Destinasi wisata outdoor dan siang hari direkomendasikan dibuka lebih dulu.

Baca juga: Ridwan Kamil: Objek Wisata Belum Dibuka untuk Warga Luar Jabar

Hanya untuk warga Jabar

 

Kemudian, wisatawan luar Jabar belum dapat berwisata ke Jabar untuk sementara. Menurut Emil, hal tersebut untuk mencegah munculnya kasus impor (imported case) Covid-19.

“Saya ingatkan, kalau bisa, pariwisata yang didahulukan outdoor dan siang, dan kalau bisa KTP Jawa Barat dulu, karena kita lagi melokalisir infeksi lokal sudah terkendali, jangan sampai imported case, yaitu kasus datang dari orang luar Jawa barat, masuk,” katanya.

Disinggung soal keramaian wisatawan di Puncak Bogor akhir pekan lalu, Emil mengaku sudah mengingatkan kepada Bupati Bogor agar segera mengantisipasi hal tersebut.

"Tapi kan tidak sesederhana itu, cuma imbauan itu sudah disampaikan ke bupati Bogor. Yang paling bagus itu contoh kan di Kabupaten Bandung Barat. Pengelola pakai penghitung jumlah pengunjungnya,” jelasnya. 

Baca juga: Ridwan Kamil: Jika Masih Terjadi Penyebaran, Sekolah Dimulai Awal 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com