Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Agus Priyanto yang Kenalkan Sepeda Jadul Minion hingga Kembali Diminati

Kompas.com - 15/06/2020, 08:36 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Misora atau Minion Solo Raya adalah sebuah komunitas pencinta sepeda mini di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah. Komunitas ini dibentuk sekitar akhir 2018.

Pendirinya adalah Agus Priyanto (47), warga Kampung Sangkrah, RT 002, RW 005, Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah.

Agus menceritakan pembentukan Misora ini bermula dari ajakan komunitas sepeda dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mengenalkan kembali sepeda jadul minion.

Baca juga: Saat Penjualan Sepeda Melonjak di Tengah Pandemi...

Agus pun mengiyakan ajakan itu dan mulai berburu frame atau rangka sepeda minion di Pasar Klitikan Notoharjo Semanggi Solo.

Di pasar Semanggi banyak frame sepeda minion dari bahan alumunium dengan harga satu unitnya saat itu sebesar Rp 50.000 hingga Rp 60.000.

Sepeda minion ini umumnya dipakai oleh kalangan anak-anak.

Namun, dengan modifikasi dan penambahan aksesori yang dilakukan Agus, sepeda minion ini akhirnya banyak digemari oleh kalangan orang dewasa.

"Selesai buat sepeda minion terus saya jual, saya posting di media sosial (Facebook). Banyak pencinta sepeda minion wilayah barat (Jabodetabek) yang tertarik dan membeli sepeda minion buatan saya," kata Agus saat ditemui Kompas.com di kediamannya Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/6/2020).

Baca juga: Rombongan Pesepeda Menggowes dalam Kafe, Ini Kata Komunitas Sepeda Lipat Semarang

Tidak hanya dari wilayah barat, kata Agus, sepeda minion buatannya tersebut banyak diminati para pencinta sepeda dari berbagai kota besar di Indonesia.

Seperti Jawa Timur, Cilacap, Jakarta, Sumatera dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com