Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah 22 Kasus Positif Covid-19 di Maluku Utara, Seluruhnya dari Ternate

Kompas.com - 12/06/2020, 22:12 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

TERNATE, KOMPAS.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara mengumumkan tambahan 22 kasus positif virus corona baru atau Covid-19 pada Jumat (12/6/2020).

Tambahan kasus tersebut didapat setelah menerima hasil pemeriksaan spesimen melalui metode polymerase chain reaction (PCR) dengan alat tes cepat molekuler (TCM) yang dilakukan di BTKL-PP Manado.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara, Alwia Assagaf mengatakan, 22 pasien positif itu berasal dari Kota Ternate.

Baca juga: Tambah 57 Pasien Positif Covid-19, Rekor Tertinggi Penambahan Kasus di Maluku

Alwia mengatakan, terdapat 285 kasus positif Covid-19 di Maluku Utara hingga saat ini.

"Penambahan kasus baru ini, maka Kota Ternate memiliki pasien positif sebanyak 164 orang, Halmahera Utara 47 orang, Tidore Kepulauan 25 orang, Pulau Morotai 14 orang, Kepulauan Sula 13 orang, Halmahera Barat sembiln orang, Halmahera Selatan tujuh orang, Halmahera Timur lima orang dan Halmahera Tengah empat orang," kata Alwia di Ternate, Jumat.

Selain tambahan kasus positif, Alwia juga mengumumkan tambahan satu pasien positif yang sembuh dari Covid-19.

Pasien 62 positif Covid-19 di Maluku Utara itu berasal dari Kabupaten Halmahera Timur. Pasien itu dirawat di RSU Chasan Boesoerie Ternate.

Hingga saat ini, kata Alwia, terdapat 40 pasien sembuh dari Covid-19 di Maluku Utara.

Alwia juga mengumumkan dua pasien positif Covid-19 asal Kota Ternate meninggal. Jumlah pasien meninggal karena Covid-19 di Maluku Utara menjadi 22 orang.

Pemprov Maluku Utara juga mencatat 1.001 orang tanpa gejala (OTG), 74 orang dalam pemantauan (ODP), dan 36 pasien dalam pengawasan (PDP).

Selain itu, Pemprov Maluku Utara telah melakukan rapid test Covid-19 terhadap 6.612 orang hingga Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Temukan Kombinasi Obat untuk Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Rektor Universitas Airlangga

Sebanyak 541 orang dinyatakan reaktif, di antaranya 273 OTG, 63 ODP, 38 PDP, dan 167 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

"Kami mencatat hingga saat ini sebanyak 41 orang menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate, di mana 22 orang di antaranya positif Covid-19, satu orang ODP dan 22 orang PDP, sedangkan karantina di Sahid Hotel sebanyak 84 orang dengan rincian 73 pasien terkonfirmasi positif, dua orang OTG, PDP tujuh orang, dan dua orang pelaku perjalanan," kata Alwia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com