Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 48 Orang Positif Covid-19 di Lapas Wanita Gowa

Kompas.com - 12/06/2020, 21:08 WIB
Hendra Cipto,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Bollangi, Gowa, Sulawesi Selatan, ikut menyumbang jumlah orang yang terinfeksi virus corona.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, ada 48 orang di lapas tersebut yang positif terjangkit Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan swab tenggorokan.

Namun, dia tidak mengungkapkan, ada petugas lapas yang ikut terinfeksi virus corona atau tidak.

Baca juga: Di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkot Makassar Akan Buka Tempat Hiburan Malam dan Panti Pijat

"Ada delapan (orang) yang kita harus rujuk ke rumah sakit, sisanya kita karantina," kata Nurdin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/6/2020).

Setelah mengetahui adanya penularan di Lapas Wanita Bollangi Gowa, Nurdin langsung menghubungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan untuk menangani masalah tersebut.

Selain itu, Nurdin berencana mengencarkan tes massal di Sulawesi Selatan.

Dia mengatakan, akan menyebarkan 5.000 alat rapid test untuk memeriksa orang yang punya kemungkinan terinfeksi virus corona.

Baca juga: Curhat Dokter di Makassar, Insentif Tak Jelas Nasibnya tapi Malah Jadi Korban Fitnah

Mengenai masih adanya kenaikan jumlah orang terinfeksi virus corona di Sulawesi Selatan, Nurdin meyakini hal itu terjadi karena penelusuran yang semakin gencar.

"Semakin aktif melakukan testing, baik itu rapid test maupun PCR. Mudah-mudahan ini cukup menekan angka pertumbuhan. Saya meyakini bahwa kerja-kerja teman-teman di lapangan ini membuahkan hasil,” kata Nurdin.

Saat ini sudah ada 2.582 kasus Covid-19 di Sulawesi Selatan. Sebanyak 830 di antaranya sudah sembuh dan 110 orang meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com