Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Molintogupo Hanyut Terseret Aliran Sungai Bone

Kompas.com - 11/06/2020, 16:37 WIB
Rosyid A Azhar ,
Khairina

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.comJembatan Molintogupo, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo hanyut diterjang aliran Sungai Bone yang mengalir deras akibat hujan di bagain hulu.

Jembatan  ini menghubungkan Kecamatan Suwawa Selatan dan Suwawa Tengah. Akibatnya masyarakat di Suwawa Selatan terancam terisolir karena jalur alternatif untuk menuju daerah lain terlalu jauh.

Ambruknya jembatan ini diabadikan oleh beberapa warga dari sisi Desa Molintogupo yang kemudian mengunggah di media sosial.

“Kami sudah mengirimkan personel ke lokasi, informasinya semua akses ke lokasi putus,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Provinsi Gorontalo Jefri Mewo, Kamis (11/6/2020).

Baca juga: Jenazah Pria Tergeletak di Bawah Jembatan Kurung Ogan Ilir

Jefri Mewo menerima informasi jika akses menuju Kecamatan Suwawa Tengah dan Suwawa Selatan tidak bisa dilalui. Luapan banjir yang besar telah merendam sejumlah desa di sekitarnya.

Desa di sejumlah kecamatan di Bone Bolango juga dikabarkan dihantam banjir, seperti di Kecamatan Pinogu, Suwawa Timur, Suwawa Tengah, Suwawa Selatan dan Kecamatan Bone.

Jembatan Molintogupo yang ambruk ini sebenarnya akan dipindah ke bagian lebih ke hilir beberapa ratus meter, karena posisi saat ini berada di belokan sungai.

Pada tahun 2016 jembatan ini ambruk setelah Sungai Bone yang meluap menyeretnya.

Setelah itu pemerintah membuat jembatan sementara dengan konstruksi baja, namun sebelum jembatan pengganti yang lebih kuat dibangun, luapan Sungai Bone kembali menyeretnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com