Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Berkurang, Tersisa 11 Daerah Berstatus Zona Merah Covid-19 di Jawa Timur

Kompas.com - 10/06/2020, 20:49 WIB
Achmad Faizal,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Jumlah daerah dengan status zona merah atau kategori risiko tinggi penyebaran Covid-19 terus berkurang di Jawa Timur.

Tersisa 11 daerah dengan zona merah dari total 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur hingga Rabu (10/6/2020).

Baca juga: Dokter Miftah Meninggal karena Covid-19, IDI Surabaya: Semoga Beliau yang Terakhir

Belasan wilayah zona merah itu adalah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Malang, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kota Mojokerto, Kota Batu, dan Kabupaten Mojokerto.

"Zonasi tersebut sesuai indikator yang disusun BNPB dan gugus tugas pusat. Daerah yang bermigrasi menjadi daerah kategori kuning atau orange adalah daerah yang selama tujuh hari berturut-turut tidak ditemukan tambahan kasus Covid-19," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu malam.

Sementara daerah dengan zona kuning atau kategori risiko rendah bertambah menjadi lima daerah yakni Trenggalek, Kota Pasuruan, Ponorogo, Lumajang, dan Kota Blitar.

Sedangkan 22 daerah lain berstatus orange atau daerah denagn risiko sedang. Di antaranya, Sampang, Kota Probolinggo, Bondowoso, Kabupaten Madiun, Kabupaten Blitar, dan Jember.

Lalu, Kabupaten Probolinggo, Nganjuk, Bangkalan, Sumenep, Tulungagung, Banyuwangi, Magetan, Ngawi, Kota Kediri, Kota Malang, Pacitan, Kota Madiun, Situbondo, Kabupaten Kediri, Bojonegoro, dan Kabupaten Pasuruan.

Khofifah meminta masyarakat tak terlena dengan status daerah masing-masing.

"Masyarakat jangan terlena dengan zonasi daerah tersebut, tetap jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan pakai sabun serta hindari kerumunan," jelas Khofifah.

Baca juga: Saya Tidak ke Mana-mana, Mungkin Tertular dari Data Covid-19 yang Diketik Setiap Hari

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Jawa Timur, kata Khofifah, terus berupaya memutus mata rantai penyebaran virus corona baru atau Covid-19. Salah satu cara dengan mengelar rapid test dan tes swab massal di berbagai daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com