Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Nihil, Kini Muncul 12 Kasus Corona di Kabupaten Landak

Kompas.com - 10/06/2020, 07:40 WIB
Hendra Cipta,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson mengatakan, ada tambahan 24 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

“Hingga tanggal 9 Juni 2020 kemarin untuk Povinsi Kalbar dari tambahan 24 kasus konfirmasi Covid-19 baru, 12 warga Kabupaten Landak,” kata Harisson kepada wartawan, Selasa (9/6/2020) malam.

Selain 12 kasus di Kabupaten Landak, sebaran pasien corona baru yakni 5 warga Kabupaten Melawi, 6 Kabupaten Sintang dan 1 orang warga Kabupaten Kubu Raya.

Menurut Harisson, seluruh kasus baru ini merupakan orang tanpa gejala (OTG).

“Mereka sebenarnya dalam keadaan sehat, tetapi memang hasil laboratorium menunjukkan positif," ucap Harisson.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jatim, DIY, Bali, NTT, NTB, Kalbar dan Kalsel 9 Juni 2020

Seluruh pasien dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta dan laboratorium Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta.

Harisson mengatakan, untuk pasien asal Kabupaten Landak, Sintang dan Kubu Raya merupakan penularan antarpenduduk atau transmisi lokal.

Sedangkan 5 tambahan kasus baru di Kabupaten Melawi merupakan bagian dari kluster yang sama dengan tujuh kasus yang ada sebelumnya.

Baca juga: 94 Pasien Positif di Kalbar Sembuh, Kabupaten Landak Catatkan Nol Kasus Corona

Sementara itu, sejak virus corona mewabah dan menjadi pandemi hingga Selasa (9/6/2020) 19.00 WIB, ada sebanyak 234 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Barat.

Sebanyak 117 orang di antaranya dinyatakan sembuh, 4 meninggal dunia, 113 pasien masih diisolasi di rumah sakit dan rumah pribadi.

Kemudian terdapat 87 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 tengah dirawat di ruang isolasi sejumlah rumah sakit serta tempat isolasi lain sembari menunggu hasil uji laboratorium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com