Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Adakah Petugas Cek Poin di Gresik dengan Berakhirnya PSBB?

Kompas.com - 09/06/2020, 18:37 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Gresik yang sempat memasuki jilid III, resmi tidak lagi diperpanjang.

Saat ini, sedang dilakukan masa transisi menuju new normal, dengan masa transisi ini diagendakan bakal berlangsung selama dua pekan.

Dengan berakhirnya PSBB, lantas muncul pertanyaan terkait keberadaan para petugas gabungan yang sebelumnya sempat ikut berpartisipasi berjaga di titik cek poin, yang didirikan di beberapa titik perbatasan antara Kabupaten Gresik dengan kota/kabupaten tetangga.

Baca juga: Bupati Gresik: Masyarakat Sudah Jenuh dengan Istilah PSBB

"Untuk cek poin ada atau tidak, harus masuk Perbup (Peraturan Bupati masa transisi) sementara Perbup masih dikoreksi. Kalau nanti tidak ada, maka petugasnya akan kami alihkan ke tingkat desa, kami perkuatkan di tingkat desa," ujar Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, kepada awak media, di Gedung Pemkab Gresik, Selasa (9/6/2020).

Sambari mengatakan, meski agenda PSBB tidak lagi diperpanjang, namun warga diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan dengan kesadaran sendiri, tanpa harus diperingatkan oleh petugas.

Baik menggunakan masker saat keluar rumah maupun rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan, serta menerapkan physical distancing.

"Kekuatan yang paling kuat adalah di tingkat desa, pengawasan keluar-masuknya warga. Melihat ada yang ODP (orang dalam pemantauan), OTG (orang tanpa gejala), PDP (pasien dalam pengawasan) mestinya itu selesai di tingkat desa," ujar dia.

Baca juga: Bupati Gresik: Ini Pekerjaan Lebih Berat Ketimbang Masih Adanya PSBB

"Kami tetap akan melibatkan babinsa, babinkamtibmas, camat. Mereka akan guyub menyelesaikan masalah Covid-19 ini, harus lebih strong lagi ketimbang PSBB," kata Sambari.

Bupati Gresik juga mengingatkan kepada warga, untuk sungguh-sungguh dan serius dalam menerapkan protokol kesehatan pada kehidupan sehari-hari, sehingga angka pasien terpapar positif Covid-19 di Gresik dapat ditekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com