Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Gresik: Ini Pekerjaan Lebih Berat Ketimbang Masih Adanya PSBB

Kompas.com - 09/06/2020, 15:29 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Surabaya Raya resmi tidak diperpanjang, dengan saat ini mulai diterapkan masa transisi menuju new normal.

Agenda masa transisi ini dijadwalkan berlangsung selama dua pekan, dengan masyarakat diminta lebih sadar diri dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, agenda masa transisi ini akan menjadi pekerjaan berat ketimbang PSBB.

Karena di sinilah ujian dari kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan dibutuhkan, tidak lagi dibatasi dan diatur oleh petugas seperti saat PSBB dilaksanakan.

Baca juga: PSBB Berakhir, Pemkab Gresik Umumkan Tambahan 5 Kasus Positif Covid-19

"Ini pekerjaan lebih berat ketimbang masih adanya PSBB. Jadi, minta bantuan kepada seluruh masyarakat, untuk bersama-sama menyelesaikan masalah Covid-19 ini. Tanpa kebersamaan dan tanggung jawab bersama, masalah Covid-19 ini tentu tidak bisa diselesaikan," ujar Sambari, kepada awak media, dalam jumpa pers di Gedung Pemkab Gresik, Selasa (9/6/2020).

Dalam masa transisi selepas PSBB ini, Sambari berharap, masyarakat dapat patuh dan tumbuh dari kesadaran diri sendiri untuk dapat menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, dalam mencegah penyebaran virus corona.

Mulai dari pemakaian masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan, serta menerapkan physical distancing.

Sambari juga berkeinginan dengan masa transisi ini masyarakat dapat mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan sendiri.

Baca juga: Siswi SMK di Gresik Tewas Gantung Diri, Polisi: Berencana Nikah Usai Lebaran

 

Sementara di satu sisi, ekonomi masyarakat tidak lagi bertambah terpuruk imbas dari pandemi Covid-19 yang berlangsung.

"Ayo ikuti protokol kesehatan, sebab semua bisa kembali beroperasi, melaksanakan kegiatan. Tapi, jangan sampai PSBB sudah berakhir, kita dapat seenaknya," ucap dia.

"Justru dengan ini tugas bersama, untuk dapat semakin hari semakin menurun (angka positif Covid-19). Jangan sampai menyepelekan. Harapan kami, ekonomi lancar dan Covid-19 tidak lagi ada," kata Sambari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com