Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali ke Kaltim untuk Bekerja, 8 Karyawan Malah Positif Corona

Kompas.com - 09/06/2020, 06:43 WIB
Zakarias Demon Daton,
Khairina

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebanyak 8 karyawan perusahaan yang kembali ke Kalimantan Timur untuk bekerja ternyata positif virus corona atau Covid-19, Senin (8/6/2020).

Kedelapan pasien tersebut terdeteksi setelah tiba di Balikpapan dan menjalani pemeriksaan swab PCR.

"Hari ini terjadi penambahan 9 kasus. Satu kasus transmisi lokal di Kutai Kartanegara. Sementara, 8 lainnya merupakan pekerja yang baru saja datang ke Kaltim bekerja," ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak saat memberi keterangan pers melalui video conference, Senin (8/6/2020).

Baca juga: Dokter Spesialis Bedah Urologi di Kalsel Meninggal karena Corona

Andi menjelaskan, kedelapan karyawan perusahaan tersebut 7 orang kembali bekerja di Kutai Kartanegara sementara 1 orang bekerja di Kabupaten Berau.

Untuk karyawan yang di Berau tercatat sebagai orang tanpa gejala (OTG) yang baru tiba di Berau untuk bekerja. Kini yang bersangkutan menjalani perawatan di RSUD Abdul Rivai Berau.

Sementara, 7 pasien lainnya yang hendak bekerja di Kutai Kartanegara pun sebelumnya jadi OTG dan hasil pemeriksaan swab PCR terkonfirmasi Covid-19.

"Para pekerja itu dari kota asal tidak melakukan pemeriksaan. Begitu tiba di Balikpapan disyaratkan perusahaan sebelum masuk kerja harus pakai tes swab," jelasnya.

Baca juga: Pedagang Positif Corona, Pasar Mangkang Kota Semarang Ditutup 3 Hari

Sejak dinyatakan positif, Dinas Kesehatan Kaltim telah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan tracing kepada penumpang lain dalam satu penerbangan dengan 8 karyawan perusahaan tersebut.

"Untuk nama perusahaan dan nama maskapai yang mereka tumpangi kami tidak bisa sebutkan," tutup Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com