Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Banyumas Wacanakan ASN Wajib Gunakan Sepeda ke Kantor

Kompas.com - 06/06/2020, 18:54 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah, diwacanakan wajib menggunakan sepeda untuk berangkat dan pulang kerja pada hari tertentu.

Hal itu disampaikan Bupati Banyumas Achmad Husein saat webinar yang diselenggarakan Paguyuban Asmari Kertajaya dengan tema "Potensi Transportasi untuk Masyarakat Banyumas" melalui aplikasi Zoom, Sabtu (6/6/2020).

"Saya sudah mintakan, tapi masih dianalisa terus, belum selesai. Kalau ke kantor, (misalnya) selama dua hari dalam satu minggu kita wajibkan pegawai-pegawai pakai sepeda," kata Husein.

Baca juga: Puluhan Warga Banyumas Didenda Rp 15.000 karena Tak Pakai Masker

Wacana tersebut sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, khususnya di wilayah perkotaan Purwokerto.

Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir jumlah kendaraan pribadi terus meningkat.

"Paling tidak bisa membatasi, dengan power yang saya miliki, PNS tahap pertama setiap Jumat tidak boleh menggunakan motor atau mobil, tanpa kecuali, itu bisa seperti itu sebenarnya. Saya sudah sampaikan itu, tapi belum terealisasi," ujar Husein.

Dalam forum diskusi yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, terdapat beberapa alat transportasi yang dapat dikembangkan di Banyumas, salah satunya yaitu sepeda.

"Muncul ada pemikiran saya untuk membangun jalur sepeda di kota-kota besar, di Jakarta, Bandung, Surabaya sudah ada. Namun kesadaran masyarakat belum menjadi kebiasaan, mungkin hanya Sabtu dan Minggu untuk olahraga," kata Budi.

Baca juga: Pasien Sembuh dari Covid-19 di Banyumas Terus Bertambah, PDP Naik

Budi berharap, ke depan penggunaan sepeda dapat menjadi budaya masyarakat sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan. Penggunaan sepeda dapat menekan polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan.

Budi juga mendorong pengembangan transportasi publik di Kabupaten Banyumas yang merupakan kota sedang. Misalnya pengembangan Bus Rapid Transit (BRT) yang telah ada di Purwokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com