Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Desa di Kota Ambon Masih Bebas dari Covid-19, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 05/06/2020, 15:49 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 18 dari 50 desa dan kelurahan yang tersebar di lima kecamatan di Kota Ambon, Maluku, sejauh ini masih dinyatakan bebas dari Covid-19 lantaran belum ditemukan kasus positif corona.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Jumat (5/6/2020), dari 50 kelurahan dan desa di Kota Ambon, sejauh ini sebanyak 32 desa dan kelurahan telah terpapar virus corona, sisanya masih bebas dari corona.

Ke-18 desa dan kelurahan yang masih bebas dari Covid-19 itu yakni Kelurahan Tihu dan Negeri (Desa) Laha di Kecamatan Teluk Ambon.

Kemudian Negeri Lama, Kelurahan Lateri dan Desa Waiheru di Kecamatan Baguala, serta Negeri Urimesing, Negeri Amahusu dan Negeri Silale di Kecamatan Nusaniwe.

Baca juga: Tolak Rapid Test, Warga di Ambon Demo dan Hadang Petugas Medis

Selanjutnya, di Kecamatan Sirimau dari 14 desa dan kelurahan, yang masih bebas dari virus corona yakni Desa Galala, Kelurahan Waihoka dan Negeri Soya, Kelurahan Batu Gaja dan Kelurahan Uritetu.

Sedangkan di Kecamatan Leitimur Selatan, dari delapan desa dan kelurahan, yang masih bebas dari Covid-19 yakni Negeri Hukurila, Negeri Naku, Negeri Kilang, Negeri Keihari dan Negeri Hutumuri.

“Jadi, sampai saat ini, di Kota Ambon ada 18 desa dan kelurahan yang masih bebas dari Covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz kepada Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Padahal, Kota Ambon masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Dia menyebut, belasan desa dan kelurahan itu masih bebas dari virus corona karena mereka selama ini sangat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Alasan utama sampai di 18 desa itu belum terpapar Covid-19 karena memang warganya sangat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, mereka selalu menghindari kerumunan dan juga selalu memakai masker,” ungkap dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com