Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Positif Corona, Seorang Kepala Puskesmas di Gowa Meninggal Dunia

Kompas.com - 04/06/2020, 17:41 WIB
Abdul Haq ,
Dony Aprian

Tim Redaksi

GOWA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tonrorita, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, meninggal dunia di Rumah Sakit Labuang Baji, Makassar, Kamis (4/6/2020) pukul 09.15 WITA.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa Hasanuddin mengatakan, meninggalnya salah seorang tenaga medis di Kabupaten Gowa tersebut akibat terpapar virus corona (Covid-19).

"Hari Kamis (28/5/2020) atau satu minggu lalu almarhum menjalani tes swab dan hasilnya positif," katanya dikonfirmasi, Kamis (4/6/2020).

Baca juga: KPU Gowa Mulai Tahapan Pilkada di Tengah Peningkatan Kasus Covid-19

Dia menjelaskan, pasien dijemput dari kediamannya untuk menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Syekh Yusuf kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Labuangan Baji Makassar

"Pasien sempat menjalani perawatan selama lima hari sebelum akhirnya meninggal dunia. Almarhum mengalami demam dan mengeluhkan sesak napas. Karena curiga, makanya dia minta diswab," ujar dr. Hasanuddin.

Selain itu, berdasarkan hasil pemeriksaan almarhum juga diketahui memiliki penyakit gula.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Magelang Tambah 7, Riwayat Kontak dengan Peserta Ijtima Ulama Gowa

Sehingga kondisi ini menjadi penyebab percepatan penularan virus.

"Mewakili tenaga medis yang ada di Kabupaten Gowa, saya menyampaikan turut berduka cita dan kehilangan yang sangat mendalam. Semoga keluarga dan kerabat yang ditinggalkan dapat ikhlas," ungkap dr. Hasanuddin.

Dia berharap, seluruh tenaga medis dapat terus memperhatikan protokol kesehatan saat bertugas.

"Saya berharap semua petugas tetap melakukan standarisasi pelayan dengan menggunakan APD dan menggunakan protokol kesehatan harus diperhatikan saat bekerja," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com