Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 4,8 Magnitudo Guncang Aceh, Sejumlah Rumah dan Ruko Rusak

Kompas.com - 04/06/2020, 09:37 WIB
Daspriani Y Zamzami,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Informasi gempa hari ini. Gempa bumi mengguncang wilayah Kota Banda Aceh dengan dengan kekuatan magnitudo 4,8, Kamis (4/2020) sekitar pukul 05.31 WIB. 

Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,8 Mg, episenter terletak pada koordinat 5,50 LU dan 95,33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5 km Tenggara Banda Aceh dengan kedalaman 10 km.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Dhati Cipto Kuncoro dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Aceh.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Lombok, Tidak Berpotensi Tsunami

 

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dan dirasakan di wilayah Sabang III MMI dan Banda Aceh serta Aceh Besar II MMI.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 6.40 WIB sudah tercatat 8 kali aktivitas gempa terdiri dari 2 gempa pembuka/gempa pendahuluan (foreshocks), kemudian disusul gempa utama (mainshock), dan selanjutnya diikuti serangkaian 5 gempa susulan (aftershocks).

Sementara itu di Kota Sabang dilaporkan sebanyak 6 unit rumah dan ruko dilaporkan rusak berat dan sedang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sabang, Amin, menyebutkan, untuk sementara ada 3 unit ruko rusak berat dan 3 unit rumah warga rusak ringan akibat guncangan gempa.

"Semuanya rusak bagian dinding dan atap data sementara ada 6 unit rumah dan ruko, tidak ada korban jiwa sejauh ini," jelas Amin kepada Kompas.com melalui saluran telepon seluler, Kamis (4/6/2020).

Baca juga: Gempa Magnitudo 6 Guncang NTB, Terasa hingga Bali

BPBD masih terus mendata kerusakan akibat gempa hari ini. BPBD juga mengingatkan warga untuk menghindari bangunan yang dianggap rawan, karena gempa Aceh susulan masih dirasa.

Fitri, seorang warga Sabang mengaku masih merasakan gempa susulan setiap 5 menit, walau dengan guncangan kecil dan sebentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com