Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oniara Wonda Ditangkap Polisi, Ini 9 Kejahatannya Bersama KKB

Kompas.com - 03/06/2020, 11:46 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Satgas Newangkawi berhasil menangkap satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang paling dicari sejak 2011 yakni, Oniara Wonda.

Diketahui, Oniara merupakan anggota KKB pimpinan Goliat Tabuni. Ia ditangkap saat sedang berada di rumah Yotinus Telengan alias Vandem Telengen di Kampung Igimbut, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Minggu (31/5/2020) sekitar pukul 19.30 WIT.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, ada sembilan kasus keterlibatan Oniara di beberapa kabupaten di Provinsi Papua. Aksi tersebut menyebabkan sejumlah orang tewas.

"Tercatat ada sembilan kasus penyerangan yang disertai penembakan dan perampasan senjata api yang melibatkan Oniara Wonda yang ditangkap Satgas Newangkawi di Mulia," ujar Paulus dikutip dari Antara.

Baca juga: Detik-detik Polisi Tangkap Oniara Wonda, Anggota KKB Paling Dicari Sejak 2011

Dijelaskan Paulus, adapun sembilan kasus yang pernah dilakukan Oniara bersama KKB yakni, perampasan SMR jenis arsenal yang menyebabkan satu anggota Brimob gugur pada Januari 2011 di Kabupaten Puncak Jaya.

Kemudian, pada November 2011, Oniara terlibat penyerangan dan perampasan senjata api milik Kapolsek Mulia AKP Dominggus Awes di Bandara Mulia Puncak Jaya.

Lanjut Paulus, perampasan senjata api di Tiom 2011, Kabupaten Lany Jaya, yang mengakibatkan Brigpol Amaluddin Elwaka gugur.

Baca juga: Polisi Tangkap Oniara Wonda, Salah Satu Anggota KKB Paling Dicari Sejak 2011

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com