Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Haji Tertunda Keberangkatannya, Kepala Kemenag Harap Jemaah Tak Tarik Dana

Kompas.com - 02/06/2020, 23:52 WIB
Amran Amir,
Khairina

Tim Redaksi

 

PALOPO, KOMPAS.com - Sebanyak 107 warga Kota Palopo, Sulawesi Selatan, tertunda keberangkatannya untuk menunaikan ibadah haji tahun 2020 Masehi atau 1441 Hijriah, meski sudah melunasi biaya haji.

Hal ini sesuai keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia untuk tidak memberangkatkan calon jemaah haji Indonesia dengan pertimbangan pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Plt Kepala Kementerian Agama Kota Palopo, Nurul Haq mengatakan, jumlah jemaah calon haji asal Palopo 107 ditambah dengan kuota cadangan sebanyak 6 orang semuanya telah melunasi biaya haji tahun 2020.

"Sebanyak 107 orang calon jamaah haji dan 6 orang cadangan tertunda keberangkatannya tahun ini, sesuai keputusan Kementerian Agama RI,” kata Nurul Haq, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (2/6/2020).

Baca juga: Sebanyak 2.586 Calon Jemaah Haji Asal Kaltim Batal Berangkat, Diminta Tak Kecewa

Menurut Nurul, informasi pembatalan keberangkatan tersebut sudah tersampaikan kepada seluruh calon jemaah dan diminta untuk menerima keputusan tersebut.

"Para jemaah menerima dengan lapang dada keputusan tersebut, semoga dengan penundaan ini ada hikmah dibaliknya,” ucap Nurul.

Meski dibatalkan, lanjut Nurul, para jemaah calon haji ini akan diprioritaskan untuk diberangkatkan tahun 2021.

"Mereka akan diprioritaskan tahun depan dan kami imbau supaya mereka tidak menarik dananya meskipun itu adalah hak mereka dan Insya Allah bila ada kenaikan mereka  tidak akan menambah biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) seperti tahun- tahun sebelumnya,” harap Nurul.

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com