Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Hilang, 11 Pemancing di Perairan Pangkep Ditemukan Selamat

Kompas.com - 02/06/2020, 19:45 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Sempat dikabarkan hilang kontak di perairan Lanjukang, Kabupaten Kepulauan Pangkep, Sulawesi Selatan, 11 pemancing akhirnya ditemukan terdampar di pulau terluar Makassar, Pulau Langkai, Selasa (2/6/2020).

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar, Mustari, ke-11 pemancing masing-masing adalah Haji Ulla, Wahyudi, Aji Aci, Imran, Tadju, NN, Sahar, Papo, Ancu, Jasir, Parly.

Para pemancing tersebut menumpangi Kapal Motor (KM) Liga Jaya 189, berangkat pada hari Minggu (31/5/2020) dari Pelabuhan Paotere Makassar menuju ke Perairan Lajjukang, Kabupaten Pangkep.

“11 pemancing itu dijadwalkan pulang, pada hari Senin (1/6/2020). Namun, hingga Selasa (2/6/2020),para pemancing tersebut hilang kontak dan kembali ke rumahnya masing-masing. Pihak keluarga pun melaporkan kasus tersebut ke Basarnas Makassar dan langsung dilakukan pencarian,” katanya.

 Baca juga: 4 Nelayan Bengkulu Hilang di Laut Lepas sejak 23 Hari Lalu

Dalam proses pencarian yang dilakukan, Basarnas Makassar mengerahkan KN SAR Kamajaya yang hilang kontak di Perairan Lajjukang, Pangkep, Sulawesi Selatan.

Jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam untuk tiba di lokasi pencarian. 

“Unsur yang terlibat dalam pencarian kesebelas pemancing ini adalah Rescuer Basarnas Makassar, Crew KN SAR Kamajaya, Ditpolair Polda Sulsel,” tuturnya.

Baca juga: Bansos untuk Petani dan Nelayan Akan Diberikan secara Tunai

Setelah dilakukan pencarian beberapa jam, lanjut Mustari, akhirnya 11 pemancing tersebut berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Ke-11 pemancing tersebut terdampar di Pulau Langkai dan telah dievakuasi di dermaga markas Polair Polda Sulsel di Makassar.

“11 pemancing itu dalam kondisi selamat dan dalam pemeriksaan tim medis sebelum diserahkan ke pihak keluarganya,” tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com