Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Para Pemuda Antar Ketupat untuk Tenaga Medis Covid-19: Biar Mereka Ikut Lebaran

Kompas.com - 31/05/2020, 09:02 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Karang Taruna Etalase dari Kecamatan Kota Banyuwangi mengantarkan 50 paket makanan khas lebaran untuk para tenaga medis di RSUD Blambangan Kabupaten Banyuwangi yang menangani Covid-19 pada Sabtu (30/5/2020).

Mereka mengantarkan langsung ketupat lengkap dengan sayur hingga lepet yang biasanya disajikan saat lebaran ke rumah sakit.

"Kebetulan hari ini kan lebaran tujuh hari. Kami menyebutnya lebaran kupat. Di Banyuwangi ada tradisi makan ketupat bersama-sama di hari ketujuh."

Baca juga: Tenaga Medis dan Relawan 2,5 Bulan Berjuang Lawan Covid-19, Ketua Gugus Tugas: Terima Kasih

"Dan kamu sempat berpikir bagaimana ya tenaga medis yang masih bekerja saat lebaran. Akhirnya kami berinisiatif buat ketupat untuk mereka. Biar mereka ikut lebaran kupat," kata Novian Dharma Putra, Ketua Etalase saat dihubung Kompas.com, Sabtu malam.

Para relawan kemudian berbagi tugas memasak berbagai menu khas lebaran di rumahnya masing-masing. Setelah matang, mereka mengumpulkannya makanan khas lebaran di Kecamatan Kota Banyuwangi untuk dikemas dalam bentuk paket lengkap.

Mereka sengaja masak rumah masing-masing untuk mencegah kerumunan orang dalam jumlah banyak.

Baca juga: Tenaga Medis Positif Corona, Dua Puskesmas di Ambon Ditutup Sementara

"Kalau masak di rumah masing-masing kan enggak banyak orang. Baru setelah kumpul kita buat paket lalu diantar ke rumah sakit," kata dia.

Ia mengatakan semua masakan adalah hasil sumbangan dari para anggota karang taruna. Mereka secara sukarela menyumbangkan bahan makanan hingga tenaga untuk memasak.

"Ini bentuk dukungan kami untuk para tenaga medis Covid-19 yang sudah bekerja keras berada di garda terdepan selamat pandemi. Semoga mereka diberi kesehatan dan kekuatan," kata Novian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com