Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim PSBB Berhasil Disiplinkan Masyarakat, Palembang Siap Terapkan "New Normal"

Kompas.com - 28/05/2020, 16:59 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Wali Kota Palembang Harnojoyo mengaku bahwa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah berhasil membuat masyarakat tertib mengikuti protokol kesehatan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Menurut Harno, sejak PSBB diberlakukan, tim gugus tugas di lapangan telah sangat jarang menemui masyarakat dan pengendara tidak menggunakan masker.

"Masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan sudah meningkat, mencari 10 orang yang tidak mengenakan masker saja sekarang sudah sulit," kata Harno, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Kasus Covid-19 di Sumsel Bertambah 59 Orang dalam Sehari, Lab Palembang Kewalahan

Harno menerangkan, dengan kondisi tersebut, Kota Palembang pun telah siap untuk melaksanakan "New Normal". Karena kepatuhan masyarakat telah tinggi. 

"Fase 'New Normal' adalah kehidupan baru, publik beraktivitas normal dengan mengikuti protokol kesehatan. Tingkat kepatuhan masyarakat sudah tinggi, artinya Palembang telah siap untuk melaksanakan 'New Normal',"ujarnya.

Penyebaran Covid-19 sampai saat ini belum bisa diprediksi kapan berakhir.

Sehingga, Harno mengimbau agar masyarakat untuk membiasakan hidup sehat dan menjaga kebersihan. 

“Kita tidak tahu kapan corona ini berkahir. Kalau vaksin ditemukan artinya virus masih ada, yang penting saat ini menjaga diri dan keluarga agar tidak terkena virus corona dan kita senantiasa memutus mata rantai agar virus tidak menyebar,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Biro Pers Sekretariat Presiden mencatat ada 25 kabupaten/kota yang akan masuk ke pelaksanaan "New Normal".

 

Ada pun 25 kabupaten/kota yang dimaksud tersebut adalah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Seorang Pedagang Meninggal Reaktif Covid-19, Pasar Kebun Semai Palembang Ditutup

Selanjutnya, Kota Tegal, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Sidoharjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang, Kota Palangkaraya, Kota Tarakan, Kota Banjarmasin, Kota Banjar Baru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan terakhir Kabupaten Buol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com