Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Semalam 2 Bentrok Warga Terjadi di Tapanuli Selatan, gara-gara Senjata Mainan dan Knalpot Bising

Kompas.com - 28/05/2020, 09:28 WIB
Oryza Pasaribu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TAPANULI SELATAN, KOMPAS.com - Sepanjang malam Selasa (26/5/2020) hingga Rabu (27/5/2020) dini hari, terjadi dua aksi bentrok antarwarga di dua Kecamatan di Tapanuli Selatan.

Akibat dua kejadian tersebut, merenggut satu nyawa, satu rumah dan sepeda motor dibakar serta 6 orang luka.

Dua bentrokan tersebut yakni bentrok antarwarga Desa Huraba dan warga Kelurahan Pintu Padang, di Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, yang pecah Selasa (26/5/2020) malam.

Bentrokan ini dipicu cekcok soal senjata mainan. 

Kemudian, bentrok warga dusun Huraba dengan warga dusun Pintu Langit Julu di Desa Huraba, Kecamatan Angkola Timur, Tapanuli Selatan terjadi, Selasa (26/5/2020) malam.

Bentrokan ini dipicu knalpot brong yang bising. 

Berikut kronologi dua bentrok warga tersebut. 

Baca juga: Kronologi Bentrok Warga Dua Desa di Tapanuli Selatan: Dipicu Tembakan dari Senjata Mainan hingga Massa Bakar Rumah dan Motor

1. Bentrok warga gara-gara senjata mainan anak

Bentrok antarwarga Desa Huraba dan warga Kelurahan Pintu Padang, di Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada Selasa (26/5/2020) malam menyebabkan satu unit rumah dan sepeda motor dibakar warga serta enam orang luka. 

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj menyampaikan, kejadian itu dipicu anak-anak dari Desa Huraba, Kecamatan Batang Angkola, Tapanuli Selatan, menembaki pengendara yang melintas di jalan menggunakan senjata mainan.

Kemudian warga asal Kelurahan Pintu Padang (tetangga Desa Huraba) yang melintas dan melihat kejadian itu menegur dan membubarkan sekelompok anak-anak dari Desa Huraba.

Namun anak-anak yang mendapat teguran malah memukul warga Kelurahan Pintu Padang tersebut.

Kejadian itu hanya berjarak sekitar beberapa meter dari Markas Polisi Sektor Batang Angkola, Polres Tapanuli Selatan. Tepatnya di sekitar Tugu Monumen Benteng Huraba.

Baca juga: Bentrok Warga Gara-gara Senjata Mainan, 1 Rumah dan Sepeda Motor Dibakar, 6 Orang Luka

Setelah pemukulan tersebut, kedua belah pihak saling melapor ke daerahnya masing-masing dan saling mengumpulkan massa, lalu saling serang dengan batu dan membakar ban bekas. 

Mereka sampai menutup akses jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Mandailing Natal.

"Satu personel kita dari Polsek Batang Angkola juga mengalami luka akibat terkena lemparan batu," ungkap AKBP Roman kepada wartawan usai melakukan mediasi dengan warga dari dua belah pihak di Mapolsek Batang Angkola, Rabu (27/5/2020) dini hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com