Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Emak-emak Buka Paksa Gerbang Tempat Wisata Rancabuaya Garut

Kompas.com - 27/05/2020, 21:41 WIB
Ari Maulana Karang,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com – Sebuah video yang memperlihatkan aksi ibu-ibu membuka gerbang tempat wisata Pantai Rancabuaya di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, viral di media sosial di Garut.

Dalam video tersebut, sejumlah ibu-ibu tampak membuka pembatas jalan yang menutupi jalan masuk ke tempat wisata Pantai Rancabuaya.

Dihubungi lewat telepon genggamnya, Rabu (27/5/2020), Asep Hidayat (42), warga Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, membenarkan kejadian yang terekam dalam video yang viral tersebut.

Namun, menurutnya, ibu-ibu yang membuka pembatas jalan tersebut adalah para pedagang musiman yang berjualan di Pantai Rancabuaya.

Baca juga: Bukan New Normal, Garut Terapkan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Aksi para pedagang musiman tersebut, menurut Asep, dilakukan karena mereka kesal dengan penutupan akses jalan tersebut yang membuat mereka tidak bisa berjualan karena tidak ada wisatawan yang datang ke Pantai Rancabuaya.

“Ada salah paham, ibu-ibu menyangka penyekatan untuk mencegah wisatawan masuk pantai. Padahal, sebenarnya, kalau untuk wisatawan lokal boleh berkunjung ke pantai. Cuma memang tidak boleh berkumpul,” kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sekelompok emak-emak di Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut membuka portal akses jalan yang diblokir oleh petugas.? ? Mereka kesal karena kawasan pantai menjadi sepi setelah jalan masuk ditutup portal oleh petugas.? ? Aksi emak-emak itu terekam dalam sebuah video dan beredar melalui aplikasi whatsapp.? ? Dalam video berdurasi 12 detik itu, emak-emak nekat menggeser water barrier yang dijadikan alat blokir jalan.? ? Puluhan emak-emak itu lantas memperbolehkan kendaraan pick-up yang mengangkut penumpang untuk masuk ke kawasan pantai.? ? Setelah portal dibuka, mereka melambaikan tangan meminta mobil untuk masuk. ?????????????????????????? ? ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????Follow @bandung.update????????????????????????????????????????????????????????????????????? ?????? #bandungupdate, update informasi di Bandung Raya dan sekitarnya!??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? Source : @tribunjabar? ????? #bandungupdate #bandunghits #bandung #bandungbanget #bandungkuliner #bandunghitz #bandungj

A post shared by Bandung Update (@bandung.update) on May 27, 2020 at 1:04am PDT

Penyekatan yang dilakukan petugas, dilakukan untuk mencegah adanya wisatawan dari Bandung dan Jakarta yang berkunjung ke Pantai Rancabuaya.

Karena, setelah Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet dan Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pamengpeuk ditutup, banyak pengunjung yang mengalihkan kunjungan ke Pantai Rancabuaya, hingga akhirnya dilakukan penyekatan.

Kasubag Humas Polres Garut, Ipda Muslih membenarkan adanya pembukaan pembatas jalan yang dilakukan oleh ibu-ibu di pintu masuk Pantai Rancabuaya yang videonya sempat viral.

 

Namun, Muslih memastikan mereka bukanlah wisatawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com