Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusli Habibie Umumkan PSBB Gorontalo Diperpanjang Hingga 31 Mei

Kompas.com - 19/05/2020, 13:15 WIB
Rosyid A Azhar ,
Dony Aprian

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengumumkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang hingga Minggu 31 Mei 2020, Selasa (19/5/2020).

“Setelah melakukan rapat pembahasan dan mendengarkan saran serta masukan dari seluruh bupati dan walikota serta unsur Forkopimda, maka hasil rapat tersebut menyepakati untuk melanjutkan pemberlakuan PSBB tahap kedua. Terhitung mulai tanggal 18 Mei 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei 2020,” ujar Rusli Habibie.

Rusli Habibie menuturkan, meski hasil kajian tim crisis center Universitas Negeri Gorontalo (UNG) selama PSBB tahap pertama pergerakan orang masuk mengalami penurunan, namun situasi Gorontalo masih mengkhawatirkan.

Baca juga: Sejumlah Pemudik Tertahan di Perbatasan Gorontalo-Sulut

Hal ini karena belum melewati kisaran waktu 50-60 hari yang merupakan puncak penularan virus Covid-19.

“Terhitung sejak kasus pertama pada 10 April 2020, Gorontalo diperkirakan masih akan mengalami peningkatan yang signifikan jika tidak dilakukan langkah antisipatif untuk menahan laju penyebaran kasus di tengah-tengah masyarakat,” kata Rusli Habibie.

Pada pemberlakuan PSBB tahap kedua waktu aktivitas masyarakat diubah menjadi pukul 06.00-19.00 Wita.

Baca juga: Gubernur Gorontalo Minta Petugas Bertindak Humanis terhadap Pelanggar PSBB

Selain itu, seluruh pelaku usaha yang masih menjalankan usahanya akan di atur dengan merujuk pada protokol kesehatan yang berlaku.

“Saya minta dilakukan pembinaan oleh bupati dan walikota melalui dinas memastikan para pelaku usaha menyiapkan sarana pra sarana sepertu tempat cuci tangan, hand sanitizer serta tegas tidak melayani pelanggan yang tidak menggunakan masker dan rutin menyemprotkan disinfeksi di tempat usahanya,” kata Rusli Habibie.

Rusli menambahkan, Peraturan Gubernur nomor 18 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Gubernur Nomor 15 tahun 2020.

Ia menginginkan seluruh elemen memastikan PSBB tahap kedua ini mampu menekan angka penyebaran virus corona secara efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com