Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evaluasi PSBB Jabar, Level Pengawasan Tak Kendor Jelang Idul Fitri, Ini Kata Ridwan Kamil

Kompas.com - 18/05/2020, 18:40 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, pengawasan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjelang hari raya Idul Fitri, tidak mengendor.

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar tersebut, bahkan meminta aparat keamanan untuk lebih intesif dalam melakukan pemantauan akivitas warga. 

"Kami minta kepada Kapolda dan Pangdam agar lakukan siaga satu. Dari semua waktu ini, adalah minggu ini, dari sekarang sampai Lebaran, karena potensi lalu lintas akan naik. Kita monitor dalam satu dua hari, orang belanja berbondong-bondong di pasar dan sebagainya. Ini jangan sampai keberhasilan Jabar di PSBB ini akan terganggu oleh dinamika jelang Lebaran," kata Kang Emil, Senin (18/5/20200, dilansir dari Antara.  

Baca juga: Evaluasi PSBB Jawa Barat, 50 Persen Wilayah Jabar Zona Merah

Sebelumnya, Emil membeberkan, hasil evaluasi pelaksaan PSBB Jawa Barat secara umum hasilnya cukup positif.

Emil merujuk kepada jumlah pasien di rumah sakit yang menurun sejak akhir April, angka kematian menurun, serta tingkat kesembuhan naik dua kali lipat.

Terkait hal itu, Emil mengucapkan terima kasih kepada dokter dan tenaga kesehatan karena telah berhasil melaksanakan tugasnya. 

"Sehingga jumlah kasur atau bed di fasilitas kesehatan hanya dipakai 30 persen di Jabar ini. Jadi beban di rumah sakit menurun, hanya 30 persen yang digunakan untuk merawat orang sakit," katanya, dilansir dari Antara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com