Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSBB Kedua di Makassar Segera Berakhir, Kasus Positif Covid-19 Masih Banyak

Kompas.com - 17/05/2020, 08:30 WIB
Himawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kasus positif virus corona di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terus meningkat meski sudah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Saat ini, ibu kota Sulsel tersebut sudah menerapkan PSBB kedua dan akan berakhir pada Kamis 21 Mei 2020. Namun, tanda-tanda Covid-19 bakal berakhir di Kota itu tidak juga muncul. 

Hampir setiap hari, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Makassar.

Terakhir, ada penambahan 17 kasus positif Covid-19 di kota ini pada 16 Mei 2020.

Baca juga: Pendapatan Daerah Merosot, Tunjangan ASN Pemkot Makassar Dipotong

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, Ichsan Mustari mengakui peningkatan kasus positif di Makassar terus terjadi. 

Namun, dia menyebut pertambahan per harinya mengalami fluktuasi.

Sejak diterapkannya PSBB, pertambahan kasus positif di Makassar paling besar pada tanggal 1 Mei yakni 24 kasus, tanggal 14 Mei yakni 31 kasus, 15 Mei 20 kasus, serta 16 Mei 17 kasus. 

"Yang menyebabkan banyak positif ini karena spesimen yang diuji sudah banyak karena ada penambahan hingga 7 laboratorium yang sekarang bisa menguji sampel swab," kata Ichsan saat telekonferensi bersama wartawan, Sabtu (16/5/2020) malam. 

Ichsan mengatakan, saat ini, Kota Makassar memang sudah jadi episentrum penularan virus Covid-19 terutama di Sulawesi Selatan. 

Hal ini juga merupakan penyebab kasus positif Covid-19 di kota ini terus bertambah hingga per 16 Mei 2020, sudah ada 583 kasus positif dengan rincian 307 dirawat, 236 sembuh, dan 30 pasien yang meninggal dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com