Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang PSBB, Palembang Siapkan Rp 54 Miliar untuk Bantuan Dampak Corona

Kompas.com - 14/05/2020, 05:25 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

PALEMBANG,KOMPAS.com - Pemerintah Kota Palembang menyiapkan anggaran Rp 54 miliar untuk jaring pengaman sosial selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, pemkot sebelumnya menganggarkan dana sebesar Rp 200 miliar untuk penanganan dampak Covid-19. 

Dari total anggaran tersebut, Rp 54 miliar dikhususkan sebagai jaring pengaman sosial untuk membantu 46.000 Kepala Keluarga (KK) miskin yang ada di Palembang.

"Total warga miskin di Palembang ada 115.000 jiwa. Tapi ada 46.000 KK warga miskin baru belum menerima bantuan. Inilah yang akan diberikan bantuan selama PSBB nanti, yang sisanya mendapatkan bantuan dana PKH dari pusat," kata Harno dalam konferensi pers, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: PSBB Palembang dan Prabumulih Mulai Hari Kedua Lebaran

Harno menerangkan, 46.000 KK warga miskin baru itu akan mendapatkan bantuan sembako selama PSBB. Sembako itu berisi beras 10 kilogram, 2 kilogram gula, 2 kilogram minyak goreng dan 1 kilogram terigu.

Selain itu, setelah surat persetujuan PSBB keluar ia akan langsung menggelar rapat merancang draft pelaksanan untuk diserahkan ke Gubernur.

"Hari ini saya langsung rapat untuk menyusun draft itu, Gubernur memberikan waktu satu pekan," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya mengatakan 34.750 Kepala Keluarga (KK) akan menerima bantuan jaring pengaman sosial selama PSBB.

Bantuan sembako tersebut berupa 20 kilogram beras, dua kotak mi instan dan satu botol kecap.

"Semuanya didistribusikan dalam satu paket," ujarnya.

Baca juga: Menkes Setujui PSBB Palembang dan Prabumulih, Gubernur Sumsel Gelar Rapat Hari Ini

Diberitakan sebelumnya, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota Palembang dan Prabumulih diperkirakan akan mulai diberlakukan pada H+2 lebaran.

Hal itu disampaikan langsung Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam konferensi pers, Rabu (13/5/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com