Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Corona di NTT: Tambah 3 Kasus Positif, 1 Kasus Transmisi Lokal Pertama

Kompas.com - 12/05/2020, 12:37 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengumumkan tambahan tiga kasus positif virus corona baru atau Covid-19 pada Senin (11/5/2020) malam.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT Dominikus Minggu Mere mengatakan, tiga kasus itu berasal dari Kota Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), dan Kabupaten Nagekeo.

"Tiga pasien yang positif ini sedang dirawat di RSUD WZ Johannes Kupang, satu dirujuk dari RSUD Aeramo di Nagekeo, satu pasien rujukan dari RSUD Soe, TTS," ungkap Dominikus di kantor Gubernur NTT, Senin.

Baca juga: Cerita Mahasiswa NTT Kesulitan Ikuti Kuliah Online, Terpaksa Pinjam Ponsel Tetangga

Dominikus mengatakan, pasien yang berasal dari Kota Kupang merupakan kasus transmisi lokal.

Sementara dua kasus lainnya, kata Dominikus, belum diketahui asal penularannya.

"Sesuatu yang kita khawatirkan sudah terjadi di depan mata kita. Karena itu kita imbau untuk warga agar menjalankan protokol kesehatan secara sunggguh sungguh," kata Dominikus.

Dominikus akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Kabupaten Kupang untuk melacak kasus transmisi lokal tersebut pada Selasa (12/5/2020).

Sehingga, langkah pembatasan dapat diambil untuk mencegah penularan virus corona baru atau Covid-19.

Hingga Senin (11/5/2020), terdapat 16 kasus positif Covid-19 di NTT. Sebanyak 15 pasien masih dirawat dan satu pasien dinyatakan sembuh.

Baca juga: Kades di Flores Timur 2 Jam di Atas Pohon Cari Sinyal demi Rapat Virtual dengan Bupati

Domikus pun mengimbau masyarakat NTT tetap mematuhi protokol kesehatan yang diimbau pemerintah. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan cuci tangan untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

"Kami akan meng-update seluruh perkembangan kasus Covid-19, manakala sudah ada hasil swab test sampel pasien," kata Dominikus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com