Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Bupati Banyuwangi Sapa Penyintas Covid-19: Jangan Stres

Kompas.com - 12/05/2020, 11:33 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyapa para penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh melalui layanan video call pada Minggu (10/5/2020).

Pertama kali Anas menyapa pasien positif 01 yang dinyatakan sembuh pada April 2020 lalu.

Pasien perempuan tersebut sempat dirawat di RSUD Blambangan selama beberapa hari.

”Sekarang bagaimana kondisinya? Tetap jaga kondisi ya Bu, tetap taat protokol kesehatan meskipun masa kepulangan panjenengan dari RSUD Blambangan sudah lebih dari 14 hari,” kata Anas dikutip dari rilis tertulis Pemkab Banyuwangi.

Baca juga: Di Sebungkus Nasi, Ada Cerita Para Chef yang Dirumahkan

Kepada Anas, perempuan tersebut mengabarkan jika kondisinya baik-baik saja. Namun ia mengaku sempat stres saat pertama kali dinyatakan positif Covid-19.

"Selama dirawat di RSUD, saya merasakan pelayanan yang sangat baik," kata pasien 01.

Anas berpesan kepada pasien 01 yang sembuh untuk menjaga kesehatan dengan rajin cuci tangan pakai sabun, mengonsumsi gizi seimbang, dan memakai masker.

Setelah berbincang dengan pasien 01, Anas kemudian menghubungi pasien 03 yang tertular dari klaster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Surabaya pada Maret 2020 lalu.

Baca juga: Wilayah Sangat Luas, Banyuwangi Kini Punya 6 Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Pasien yang berprofesi sebagai tenaga medis tersebut saat ini kondisinya membaik. Pasien tersebut sempat menjalani perawatan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan Banyuwangi.

"Saya merasa terhormat bisa tinggal di Pendopo selama masa perawatan. Jadi membuat kepercayaan diri saya meningkat. Awalnya sempat stres saat dinyatakan positif Covid-19, namun melihat kesigapan tim medis, saya optimistis bisa sembuh," ungkap pasien tersebut,

Saat video call dengan Anas, ia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tenaga medis yang telah merawatnya.

Baca juga: Cerita Dokter Perempuan di Garis Depan Penanganan Covid-19 di Banyuwangi, Dag-dig-dug Saat Pertama Ambil Swab

"Terima kasih kepada semuanya," katanya seraya menahan isak penuh haru.

”Pokoknya dibikin happy ya, jangan stres, berpikir positif, berdoa sama Tuhan, biar cepat sembuh dan wabah ini segera berlalu,” pesan Anas.

Saat ini ada empat pasien positif Covid-19 di Banyuwangi. Satu pasien sembuh, dua pasien dalam perawatan dengan kondisi yang terus membaik, dan satu pasien meninggal dunia.

Anas menjelaskan saat ini semua stakeholder di Banyuwangi dari tingkat atas sampai unsur terbawah sedang bahu-membahu dalam menanggulangi wabah Covid-19.

Baca juga: ODP dan PDP Bertambah, Pemkab Banyuwangi Ajukan 5 Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com