Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telaga di Karanganyar Disulap jadi Tempat Karantina Pemudik

Kompas.com - 11/05/2020, 13:47 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com- Salah satu obyek wisata alam di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dialihfungsikan sebagai tempat karantina bagi para perantau yang masih nekat mudik di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

Obyek wisata alam ini adalah Telaga Madirda yang berada di area sawah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Di area ini juga didirikan sedikitnya 12 tenda sebagai tempat tinggal sementara bagi para pemudik untuk menjalani karantina mandiri selama 14 hari sebelum mereka pulang ke rumahnya masing-masing.

Baca juga: Pasien Positif Corona Kabur dan Pulang Kampung, Diketahui Setelah 3 Hari Jalani Karantina dengan Pemudik Lainnya

Kepala Desa Berjo, Suyatno menjelaskan, sejak pandemi virus corona semua objek wisata alam yang ada di Kabupaten Karanganyar, terutama di Kecamatan Ngargoyoso ditutup sementara untuk kunjungan wisatawan.

Supaya kondisinya tetap terawat dan untuk menjaga inventaris selama ditutup untuk kunjungan wisatawan, pihaknya kemudian mengalihfungsikan Telaga Madirda sebagai tempat karantina bagi pemudik yang pulang kampung.

"Dari pada nanti tidak ada yang ke sana dan sebagainya, maka kita alih fungsikan sementara untuk tempat karantina pemudik," kata Suyatno kepada Kompas.com, Senin (11/5/2020).

Suyatno mengatakan, alih fungsi objek wisata alam Telaga Madirda di Ngargoyoso sebagai tempat karantina pemudik telah dikoordinasikan dengan pemerintah setempat.

Baca juga: Anggota DPR: PSBB Tak Efektif, Ganti Karantina Komunal Saja

Pemudik yang pulang ke kampung halaman Desa Berjo jangan harap bisa langsung bertemu dengan keluarga di rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com