Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenaga Medis yang Hamil 2 Bulan di Palopo Tertular Covid-19 dari Saudaranya

Kompas.com - 11/05/2020, 12:07 WIB
Amran Amir,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - B (37), seorang tenaga medis yang sedang hamil 2 bulan di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, tertular virus corona (Covid-19) dari saudaranya.

Saat ini pasien dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wahidin Makassar.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Palopo Ishak Iskandar mengatakan, pasien diketahui positif corona berdasarkan hasil swab PCR dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.

“Ia tertular dari saudaranya A yang masuk Klaster Kapurung, terkontaminasi Pare-pare di mana A sudah terkonfirmasi positif. Ia ketemu dengan saudaranya di Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu di rumah orangtuanya pada Sahur pertama Ramadhan,” kata Ishak saat dikonfirmasi di Posko Covid-19, Senin (11/5/2020).

Baca juga: Kasus Corona Pertama di Palopo, Seorang Karyawan Asal Makassar

Saat kembali ke Palopo, pasien mendapat informasi saudaranya A positif Covid-19, sehingga dirinya tak masuk kerja dan berinisiatif menjalani isolasi mandiri.

“Setelah ada informasi dari Gugus Tugas Covid-19 Pare-pare  ke Kota Palopo, kami melakukan rapid test kepada yang bersangkutan bersama suami dan anaknya dan hasilnya reaktif, pada ibu dan anak lalu kami lakukan swab 2 kali dan dikirim ke BBLK Makassar hasilnya dinyatakan positif Covid-19, sedangkan suami dan anaknya dinyatakan negatif,” ucap Ishak.

Ishak mengatakan, meski pihaknya jauh hari sudah menekankan kepada tenaga medis untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), namun kasus ini terjadi di luar daerah yakni di Luwu saat sedang berkumpul dengan saudaranya.

“Tenaga medis kami sudah antisipasi selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), kemudian menjalankan prosedur sesuai protokol Covid-19 dalam menghadapi pasien,” ujar Ishak.

Baca juga: Hamil 2 Bulan, Tenaga Medis Terpapar Covid-19

Diberitakan sebelumnya, Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Palopo Ishak Iskandar menyebutkan, salah seorang tenaga medis Kota Palopo kini terpapar Covid-19.

Petugas medis tersebut kondisinya sedang hamil 2 bulan.

"Sesuai informasi yang kami terima bahwa salah seorang petugas medis Kota Palopo positif terpapar Covid-19 sementara kondisinya sedang hamil 2 bulan,” kata Ishak saat dikonfirmasi, Minggu (10/5/2020).

Menurut Ishak, untuk tenaga medis yang positif Covid-19 dan sedang hamil akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wahidin Makassar untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Sesuai instruksi Bapak Gubernur Sulawesi Selatan bahwa pasien akan dirujuk ke Makassar hari ini yang rencananya akan dirawat di RSUD Wahidin,” ucap Ishak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com