Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lestarikan Budaya, Pandi Gelar Lomba Pembuatan Situs Web Abjad Jawa

Kompas.com - 09/05/2020, 17:08 WIB
Aprillia Ika

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kolaborasi Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) bekerjasama dengan komunitas pegiat Aksara Jawa di Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kundha Kabudayan DIY) berencana membuat lomba web dengan aksara Jawa.

Hal itu ditujukan untuk melestarikan budaya, selain untuk meningkatkan literasi digital Indonesia.

"Aksara Jawa sudah masuk ke standar Unicode, maka dirasa perlu untuk melestarikan dan mengembangkan konten dalam dunia digitalnya," kata Muhamad Shidiq Purnama selaku Chief Registry Officer (CRO) PANDI, melalui rilis ke Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

"Jika satu ini berhasil, rencananya akan menyusul aksara daerah lain yang juga sudah terstandar di Unicode, seperti aksara Sunda, Bali, Batak, Bugis, Makassar dan Rejang," lanjutnya.

Baca juga: Memperkenalkan Budaya Jawa Lewat Lomba Menulis Aksara Jawa

Sementara Setya Amrih Prasaja selaku Ketua Tim Kongres Aksara Jawa I Yogyakarta mengungkapkan bahwa saat ini website lebih mudah diakses oleh masyarakat ketimbang buku.

Sejalan dengan semangat kompetisi yang akan dijalankan, diharapkan akan ada banyak konten yang bermunculan dan bervariasi di internet dengan Aksara Jawa.

"Momentum ini kita jadikan bukti bahwa aksara Jawa bukanlah suatu hal kuno dan mistik, melainkan suatu aksara yang juga dapat digunakan untuk menulis pengetahuan umum, berkomunikasi di zaman modern, dan bisa eksis menyesuaikan zaman melalui teknologi," ungkap Amrih.

Baca juga: Grebeg Sudiro, Wujud Harmonisasi Pembauran Budaya Jawa-Tionghoa

Ketua pelaksana kompetisi Arif Budiarto mengatakan, untuk mekanisme pendaftaran peserta bisa langsung mengisi nama, email, dan domain aksara yang diinginkan dari form yang sudah dibuat.

"Bagi yang ingin mendaftar silahkan mengisi form di link s.id/lombahanacaraka," jelasnya.

Hingga saat ini sudah 100 peserta mendaftar dari kuota 150 perserta. Penjurian akan dilakukan oleh tim dan akan diumumkan pada waktu Kongres Aksara Jawa I di Yogyakarta mendatang.

Adapun proses pendaftaran ini tidak dipungut biaya sepeserpun, dengan hadiah yang akan didapat berupa nama domain dan hosting dari PANDI untuk 150 peserta pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com