Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Relawan Tenaga Medis Ini Positif Corona Setelah Pulang Kampung

Kompas.com - 09/05/2020, 08:06 WIB
Irwan Nugraha,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Seorang bekas relawan tenaga medis tercatat sebagai pasien baru yang terjangkit virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Heru Suharto.

Menurut dia, pasien tersebut baru pulang kampung ke Tasikmalaya, setelah sebelumnya menjadi relawan tenaga medis corona di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso di Jakarta.

Baca juga: Youtuber Ferdian Paleka Bisa Berpindah Kota Saat PSBB, Ini Kata Polisi

Dengan demikian, total pasien positif corona di Kabupaten Tasikmalaya menjadi 2 orang yang saat ini dikarantina di ruang isolasi RSUD SMC Tasikmalaya.

"Awalnya hasil rapid test non-reaktif, tapi swabnya belum keluar. Dia pulang ke kampung halamannya di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, sebelum diketahui positif hasil swab," kata Heru kepada wartawan, Jumat (8/5/2020).

Sebelum diketahui hasil swab, pasien tersebut sempat beraktivitas seperti biasa sebagai pemilik apotek dan sempat berinteraksi dengan masyarakat yang datang.

Baca juga: Satpol PP Tasikmalaya Tutup Paksa Pertokoan Selain Jual Bahan Pokok

Setelah beberapa hari pasien berada di Tasikmalaya, baru diketahui hasil swab langsung dari Kementerian Kesehatan yang menyatakan pasien positif corona.

"Kami langsung bawa pada malam hari di rumahnya di Kecamatan Salawu untuk isolasi di RS SMC. Kami pun lakukan tracing siapa saja yang kontak erat dan langsung lakukan rapid test kepada 8 orang, hasilnya non-reaktif semua," kata dia.

Heru mengimbau agar warga di sekitar rumah pasien melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com