Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Banyumas Apresiasi Belasan Warga Mampu Kembalikan BLT

Kompas.com - 06/05/2020, 20:14 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku bangga terhadap warga yang tegolong mampu secara sukarela mengembalikan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"Ada kabar gembira yang membikin saya bangga kepada masyarakat Banyumas, betul-betul trenyuh," kata Husein di akun Instagram miliknya, Rabu (6/5/2020).

Menurut Husein, dalam situasi yang sulit seperti saat ini, masih ada sebagian orang yang rela mengembalikan bantuan dan diserahkan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

"Dalam situasi yang sulit, semua orang membutuhkan dana, tapi ada orang di desa-desa, ada yang 10, 12, ada yang lima, pokoknya banyak orang di desa, kok enggak mau nerima," ujar Husein.

Baca juga: Merasa Mampu, Belasan Warga Banyumas Ramai-ramai Kembalikan BLT

Menurut Husein, orang-orang yang secara sukarela mengembalikan bantuan merasa telah cukup dari sisi ekonomi.

"Orang-orang seperti ini luar biasa, wong koh apike kaya kuwe (orang koh baiknya seperti itu), baik bener. Orang lagi susah kok mau berbagi," kata Husein.

Saking bangganya dengan sikap warga yang memilih mengembalikan bantuan, dalam video tersebut Husein berkali-kali mengucapkan terima kasih.

"Saya bangga luar biasa, bangganya luar biasa. Suasana sulit seperti ini kok ya ikhlas memberikan kepada orang lain," kata Husein dengan mimik bergetar.

Baca juga: Pemudik yang Dikarantina di GOR Satria Meningkat, Pemkab Banyumas Buka Dapur Umum

Husein menegaskan kembali, di Banyumas tidak sedikit warga yang berinisiatif mengembalikan BLT.

"Semoga Tuhan memberkahi kita semua, karena kebaikan orang-orang itu Tuhan akan mengangkat penyakit (Covid-19) ini dari Banyumas," harap Husein.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 12 warga Desa Sirau, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ramai-ramai mengembalikan BLT.

Bantuan sebesar Rp 600.000 tersebut semestinya diterima warga selama tiga bulan ke depan untuk stimulus akibat dampak pandemi Covid-19.

Pengembalian dilakukan secara simbolis oleh warga kepada Bupati Banyumas Achmad Husein di Pendapa Sipanji Purwokerto, Banyumas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com