Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 153 Mahasiswa Sulsel dari Arab Saudi Mudik, Dikarantina 14 Hari di Jakarta

Kompas.com - 06/05/2020, 12:02 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 153 mahasiswa asal Sulawesi Selatan yang kuliah di Arab Saudi dipulangkan ke tanah air meski masa pandemi Covid-19 belum berakhir. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel Ichsan Mustari mengatakan, ratusan mahasiswa tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jawa Barat pada Selasa (5/5/2020) malam.

Sebelum dipulangkan ke kampung halaman, untuk mencegah adanya indikasi penularan Covid-19, para mahasiswa tersebut bakal dikarantina selama 14 hari di Jakarta.

"Mahasiswa asal Sulsel yang datang dari Arab akan di-rapid test di bandara dan kemudian diisolasi di Jakarta," kata Ichsan saat dikonfirmasi, Rabu (6/5/2020).

Baca juga: Hotel Tutup, 22 Mahasiswa Magang Dipulangkan dari Hongkong

Para mahasiswa tersebut, lanjut Ichsan, akan dikarantina di beberapa mes yang telah disiapkan pemerintah Sulsel di Jakarta dengan dipantau beberapa dokter. 

Ichsan pun memastikan 153 mahasiswa yang meninggalkan Arab Saudi tersebut tidak dalam status terinfeksi virus corona. 

"Mereka ini bukan positif tapi mereka datang dari daerah terjangkit tentu kewaspadaan yang dilakukan dengan isolasi mereka," ujar Ichsan. 

"Kami telah berkoordinasi, kami telah mendrop masker, hand sanitizer, dan vitamin untuk mereka," tambah pria yang juga menjabat Kadis Kesehatan Sulsel ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com