Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaster Temboro Menyebar ke Gayo Lues, Satu Santri Positif Corona

Kompas.com - 06/05/2020, 08:17 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GAYO LUES, KOMPAS.com - Pasien positif Corona di Aceh kembali bertambah satu orang. Kali ini pasien kedua di Kabupaten Gayo Lues, dari klaster Ponpes Temboro, Magetan, Jawa Timur. Santri ini berasal dari Kecamatan Putri Betung, Gayo Lues.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gayo Lues, dr Safwan, status positif diketahui setelah Dinas Kesehatan Aceh mengumumkan hasil swab terhadap sampel medis yang dikirim oleh tenaga kesehatan Gayo Lues.

"Jadi kita dapat informasi sore tadi, sebelum konferensi pers, bahwa pasien yang semula reaktif rapid test telah dinyatakan positif hasil swab di Banda Aceh," kata Safwan melalui telepon selulernya, Selasa (5/5/2020) malam.

Baca juga: UPDATE Corona di Madiun: Positif Covid-19 Bertambah 4 Kasus, Seluruhnya Santri Temboro

Dijelaskan, santri ini merupakan orang kedua yang dinyatakan positif corona, setelah satu ABK Kelud yang menyambangi Gayo Lues sempat terpapar virus covid-19, sampai akhirnya dinyatakan sembuh oleh RSU Zainal Abidin Banda Aceh.

"Pasien pertama sudah sembuh, sekarang sudah d irumah istrinya di Gayo Lues, untuk menjalani karantina mandiri," ucap Safwan.

Sementara pasien kedua ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi khusus di Balai Latihan Kerja (BLK) Gayo Lues.

Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 kata dia, sedang mempertimbangkan upaya perawatan medis selanjutnya.

"Malam ini kita setelah tarawih akan rapat membahas, apakah pasien ini akan dibawa ke Banda Aceh atau tetap dirawat di Gayo Lues," sebut Safwan.

Baca juga: Bupati Ngawi: Klaster Temboro Ini Rupanya Luar Biasa...

Mengenai gejala yang tampak dari santri berinisial SJ yang sedang mengecap pendidikan di Ponpes Temboro, Magetan Jawa Timur itu, Safwan menyebut pasien ini layaknya Orang Tanpa Gejala (OTG)

"Kalau secara fisik, atau medis, tidak ada tanda-tanda penyakit mirip covid-19. Namun hasil pemeriksaan rapid test, pekan lalu reaktif. Demikian dengan swab hari ini positif covid-19," sebut Safwan.

Karena kasus kedua ini tambahnya, tim media di Gayo Lues sudah memeriksa dengan rapid test terhadap keluarga terdekat dan orang yang sempat berinteraksi dengan SJ. Namun hasil rapid test non-reaktif.

"Kita sudah periksa "Ring 1" dan "Ring 2" pasien ini, sampai sekarang setelah diperiksa masih non-reaktif," sebut Safwan.

Ia juga menyampaikan agar masyarakat di Gayo Lues mematuhi aturan social distancing dan physical distancing guna mencegah berkembangnya wabah Covid-19 di daerah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com