Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

174.332 KK di Surabaya Terima Bantuan Rp 600.000 dari Kemensos

Kompas.com - 05/05/2020, 20:51 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya akan mencairkan Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial sebesar Rp 600.000 yang diberikan kepada 174.332 kepala keluarga (KK) di Surabaya, Jawa Timur.

Bansos dari Kemensos itu akan diberikan selama tiga bulan, yakni terhitung mulai Mei, Juni, dan Juli.

Adapun penyalurannya akan dilakukan pada pekan depan atau Senin (11/5/2020) mendatang.

Baca juga: Kota Semarang Dapat Bansos 339.000 Paket, Hendi Harap Semua Warga Terdampak Covid Terima Bantuan

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Surabaya Hendro Gunawan mengatakan, untuk penyaluran bansos sebesar Rp 600.000 dari Kemensos akan disalurkan melalui PT Pos kepada warga.

"Insya Allah, dari Kemensos akan dicairkan minggu depan, Senin (11/5/2020) Insya Allah. Metode penyampaiannya adalah melalui PT Pos, jadi kami dari Pemkot hanya support data base dan verifikasi dari Kemensos," kata Hendro, di Balai Kota Surabaya, Selasa (5/5/2020).

Untuk menghindari masyarakat bergerombol saat pencairan dana Bansos, PT Pos akan membagi waktu bagi warga melalui surat undangan kepada warga penerima.

"Jadi, sistemnya tidak perlu bergerombol di kecamatan untuk penyalurannya. Nanti akan diambil di kantor pos terdekat yang akan diatur langsung oleh PT Pos," ucap dia.

Baca juga: Bupati Banyumas Minta Masyarakat Melapor jika Ada Bansos Salah Sasaran

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah namanya masuk dalam penerima Bansos dari Kemensos, warga bisa melihat daftarnya di kantor kelurahan.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi membenarkan penyaluran Bansos dari Kemensos akan dilakukan pada Senin (11/5/2020) mendatang.

"Data 174.332 KK penerima bansos sebesar Rp 600.000 selama tiga bulan ini merupakan data usulan Pemkot ke Kemensos," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com