Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

39 Pedagang Pasar Kota Padang Positif Covid-19, 1.100 Orang Dites Swab

Kompas.com - 04/05/2020, 18:14 WIB
Rahmadhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 1.100 pedagang di Kota Padang akan menjalani tes swab menyusul adanya pedagang yang sudah positif Covid-19.

"Kita ingin memastikan kondisi pedagang yang berjualan. Sebab sudah ditemukan pedagang yang positif Covid-19," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal kepada sejumlah wartawan, Senin (4/5/2020).

Sebanyak 1.100 pedagang yang akan diperiksa itu berasal dari dua pasar, yaitu pasar Bandar Buat dan Pasar Raya Padang.

Baca juga: Fakta Lengkap Bayi Meninggal Diduga Ditelantarkan di RSUP M Djamil Padang

 

Di Pasar Raya Padang pemeriksaan menyasar 1.000 pedagang dan di Pasar Bandar Buat untuk 100 pedagang. Di kedua pasar tersebut, jumlah positif Covid-19 sebanyak 39 orang.

"Di Pasar Raya Padang, pedagang yang positif Covid-19 sebanyak 38 orang. Sedangkan di Pasar Bandar sebanyak satu orang yang positif," sebutnya.

Jika hasil swab pedagang tersebut negatif, maka pedagang itu diperbolehkan berjualan lagi. Namun bagi pedagang yang hasil tesnya positif dilarang berjualan dan diminta untuk melakukan isolasi sampai sembuh.

"Saat ini kita sedang melakukan pendataan dan pemberian informasi kepada para pedagang mengenai akan dilakukan tes swab ini. Hal ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus corona," ujarnya.

Lebih jauh Endrizal mengatakan, saat ini hanya pedagang sembako yang diperbolehkan berjualan.

"Untuk berdagang diatur jarak dan kemudian pengunjung dan pedagang wajib menggunakan masker. Jika tidak menggunakan masker akan disuruh pulang. Kami akan menambah petugas untuk memastikan aturan penggunaan masker itu berjalan dengan baik," sebutnya.

Baca juga: Bayi 1 Bulan Meninggal Diduga Ditelantarkan RSUP M Djamil Padang, Direktur Minta Maaf dan Berjanji Perbaiki Sistem

Selain itu, setiap pasar yang ada di Kota Padang harus disemprot disinfektan.

"Dua kali dalam seminggu pasar yang ada di Kota Padang disemprot disinfektan. Untuk saat ini hanya Pasar Raya dan Pasar Bandar Buat yang pedagangnya dilakukan tes swab. Sebab baru dua pasar itu baru ditemukan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com