Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Tenaga Medis Positif Corona, Diduga Tertular Pasien

Kompas.com - 04/05/2020, 13:15 WIB
Tresno Setiadi,
Khairina

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Seorang tenaga medis warga Desa Demangharjo, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

Tenaga medis yang bekerja di sebuah rumah sakit di Kabupaten Pemalang ini saat ini dirawat di RS. dr. Ashari Pemalang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Tegal dr. Joko Wantoro, pasien berusia 32 tahun diduga tertular oleh pasien karena memang profesinya bersentuhan dengan pelayanan medis.

Baca juga: Pasien Hamil Tua Ternyata Positif Corona, 13 Tenaga Medis Terinfeksi, RS Ditutup

Menindaklanjuti kasus ini, pihaknya pun akan segera melakukan tracing pada anggota keluarga dan kontak eratnya.

“Meski terkonfirmasi positif, pasien ini tidak menunjukkan gejala Covid-19 atau boleh dikatakan confirm ringan," kata Joko dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/5/2020).

Menurut Joko, pasien Covid-19 tersebut telah dicatat dan dilaporkan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Untuk menghindari pencatatan ganda, pihaknya tidak mencatat kasus ini sebagai pasien terkonfirmasi positif asal Kabupaten Tegal meskipun sehari-harinya tinggal di Kabupaten Tegal.

“Pencatatan dan pelaporan ke provinsi sudah dilakukan Pemkab Pemalang. Namun untuk kepentingan tracing, penempatan kasus ini hanya di peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tegal tetap kita catat dan ditempatkan di peta Kecamatan Warureja," terang Joko.

Baca juga: Jalani Tes Swab, 41 Tenaga Medis RSUP Dr Sardjito Negatif Corona

Sementara itu, Data Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal mencatat, Minggu (3/5/2020), total ada 13 kasus positif, 8 dirawat, 3 sembuh, 2 meninggal.

Sedangkan PDP yang dirawat 38 orang dari total 142 orang. Sebanyak 93 di antaranya sembuh dan 11 meninggal dunia. Sementara orang dalam pemantauan (ODP) yang masih dipantau 54 orang.

Dinas Kesehatan juga masih memantau orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 175 orang. Serta memantau pelaku perjalanan (PP) 5.541 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com