Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawat Pasien di Bangsal Umum, Tenaga Kesehatan di Magelang Positif Covid-19

Kompas.com - 03/05/2020, 23:35 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com- Seorang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang dinyatakan positif virus corona baru atau Covid-19.

Tenaga kesehatan itu diduga tertular dari pasien yang ditanganinya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang Majid Rohmawanto mengatakan, tenaga kesehatan itu sebelumnya menangani pasien tanpa gejala asal Kabupaten Magelang di bangsal umum.

"Satu (yang positif Covid-19) itu tenaga kesehatan di RSUD Tidar, terkontaminasi dari pasien di bangsal umum. Pasien itu kemudian dinyatakan positif Covid-19," kata Majid, dihubungi Minggu (3/2/2020).

Majid menjelaskan, pasien berjenis kelamin laki-laki yang dirawat tenaga kesehatan ini sempat dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah di Kecamatan Secang, Magelang.

Baca juga: Bayi 1 Bulan Meninggal Diduga Ditelantarkan, RSUP M Djamil Padang Minta Maaf

Tapi, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang kembali memeriksa pasien itu karena memiliki riwayat kontak dengan pasien dari klaster Ijtima Ulama, Gowa.

Hasil pemeriksaan menyebutkan pria ini positif terinfeksi Covid-19. Menyusul setelah itu, lima anggota keluarganya yang lain yaitu, istri, anak, cucunya, belakangan juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Setelah mendapatkan informasi tentang status pasien itu, pihaknya langsung memeriksa tenaga kesehatan yang merawat pasien tersebut di RSUD Tidar Kota Magelang.

Dari hasil pemeriksaan usap tenggorokan yang diterima satu tenaga kesehatan dinyatakan positif Covid-19 pada pada Sabtu (2/5/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com