Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dampak Gempa M 5,6 yang Guncang Tapanuli Selatan

Kompas.com - 02/05/2020, 17:14 WIB
Oryza Pasaribu,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

TAPANULI SELATAN, KOMPAS.com - Meski tidak menyebabkan korban jiwa, namun, akibat gempa magnitudo 5,6 yang bersumber di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Kamis (30/4/2020), menyebabkan puluhan rumah, dua masjid dan satu sekolah rusak di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Ilham Suhardi mengatakan, sudah melakukan pendataan dan melihat kondisi bangunan warga yang terdampak.

Akibat gempa tersebut, kata Ilham, sedikitnya 27 rumah warga mengalami rusak ringan dan sedang. Dua masjid dan satu sekolah dasar juga mengalami kerusakan.

Baca juga: Gempa M 5,6 Guncang Tapanuli Selatan, Rumah Warga, Masjid dan Sekolah Rusak

"Total sedikitnya ada 30 bangunan yang terdampak dan rusak seperti, 27 rumah warga, dua masjid dan satu bangunan sekolah dasar. Lokasinya di Kecamatan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan," kata Ilham, lewat pesan singkatnya kepada Kompas.com, Sabtu (2/5/2020).

Pemkab Tapanuli Selatan melalui Dinas Sosial, BPBD dan kecamatan sudah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

Bantuan yang diberikan berupa beras, telur dan mi instan.

"Untuk posko pengungsian dan dapur umum tidak ada kita dirikan, karena tidak ada yang terdampak parah dan masih terkendali. Namun, untuk bantuan sudah kami salurkan," ujar Ilham.

Sebelumnya, gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan dan sekitarnya pada Kamis (30/4/2020) sore.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,6 Guncang Sumatera Utara dan M 5,0 Guncang Sukabumi Selatan

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan Eridawati mengatakan, gempa dengan magnitudo 5,6 terjadi pada titik koordinat Lok:1.17 LU,99.53 BT, 24 kilometer arah barat laut Padang Lawas, Sumatera Utara, di kedalaman 10 kilometer, Kamis (30/4/2020) pukul 15.20 WIB.

"Dirasakan kuat di daerah Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Panyabungan. Dan gempa ini tidak berpotensi tsunami," ujar Eridawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com