Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Covid-19 di Malut 30 April 2020: Tambah 15 Pasien Positif, Total 41 Kasus

Kompas.com - 30/04/2020, 20:02 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

TERNATE,KOMPAS.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara mengumumkan penambahan 15 kasus positif virus corona baru atau Covid-19 pada Kamis (30/4/2020).

Sehingga, terdapat 41 kasus positif Covid-19 di Maluku Utara.

“Sebelumnya telah kami kirimkan sebanyak 54 spesimen di mana 43 spesimen baru dan 11 spesimen follow up hasil pengobatan, dan pada saat ini kami sudah menerima hasil pemeriksaan dengan rincian hasil, yang terkonfirmasi positif sebanyak 15 orang dan yang negatif 28,” kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara Alwia Assagaf di Ternate, Kamis (30/4/2020).

Baca juga: Pemudik Pingsan di Toilet Minimarket, Sempat Berjalan Kaki Belasan Kilometer

Alwia memerinci sebaran 15 kasus baru tersebut.

Sebanyak 10 pasien berasal dari Kota Ternate, empat dari Kabupaten Pulau Morotai, dan satu dari Kabupaten Halmahera Utara.

Menurutnya, delapan dari 10 pasien asal Ternate itu merupakan anak buah kapal (ABK) KM Dorolanda.

Alwi juga menyebut terdapat tambahan tiga pasien sembuh hari ini. Tapi Alwi tak memerinci pasien mana saja yang dinyatakan sembuh.

Sementara itu,t ercatat 482 orang tanpa gejala (OTG), 189 orang dalam pemantauan (ODP), dan tujuh pasien dalam pengawasan (PDP) di Maluku Utara.

Sementara Jumlah Orang Tanpa Gejala berjumlah (OTG) sampai dengan Kamis hari ini sebanyak 482 orang, Orang Dalam Pantauan (ODP) berjumlah 189 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 7 orang.

Baca juga: Viral Kisah Nenek 80 Tahun Hidup Sebatang Kara di Kebun, Ini Faktanya

"Untuk kasus pasien dalam pengawasan jumlah tetap sama dengan kemarin yaitu tujuh orang," kata Alwia.

Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi Maluku Utara telah melakukan rapid test virus corona terhadap 1.804 warga. Dari tes tersebut, sebanyak 97 warga dinyatakan reaktif, yaitu 40 OTG, 32 ODP, empat PDP, dan 21 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com