Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kelima PSBB Banjarmasin, Perbatasan Ditutup Total

Kompas.com - 28/04/2020, 22:34 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Pemberlakuan jam malam di hari kelima Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mulai diperketat.

Terhitung mulai malam ini, seluruh pintu masuk Kota Banjarmasin sudah ditutup total mulai pukul 21.00 hingga pukul 06.00 Wita.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, seluruh warga yang hendak keluar masuk Kota Banjarmasin tidak lagi diperkenankan melintas.

"Ya, kita sudah menutup total akses masuk dan keluar yang ada di perbatasan kota," ujar Ibnu Sina dalam keterangan persnya, Selasa (28/4/2020) malam.

Baca juga: Bantuan Sembako untuk 30.000 Warga Terdampak PSBB di Banjarmasin Mulai Disalurkan

Keputusan itu terpaksa diambil setelah melihat kondisi dilapangan masih banyak warga yang tidak patuh terhadap pemberlakuan jam malam.

Apalagi, ujar Ibnu, keputusan ini juga merupakan kesepakatan bersama TNI, Polri, Dishub dan Satuan Polisi Pamong Praja.

"Kita sudah menyepakati untuk memperketat pintu masuk dan keluar terutama yang berada di KM 6, Handil Bakti, Sungai Lulut dan di kawasan Jalan Tol Lingkar Basirih," tegasnya.

Meski dilakukan penutupan total, ada pengecualian terhadap beberapa jenis kendaraan seperti tertuang dalam Perwali.

Baca juga: Sudah 150 Kasus Positif Covid-19 di Kalsel, Tertinggi di Kalimantan

Kendaraan diperbolehkan melintas di antaranya, kendaraan logistik, ambulans dan pemadam kebakaran, termasuk pula karyawan yang harus bekerja pada malam hari dengan memperlihatkan surat keterangan dari tempatnya bekerja.

"Kecuali memang ada kepentingan seperti melakukan pengobatan atau keperluan medis lainnya, angkutan yang membawa bahan pokok dan para karyawan yang memang membawa surat keterangan resmi dari tempat kerjanya," jelas dia.

Ibnu mengimbau, seluruh warga Banjarmasin tak lagi beraktivitas pada malam hari, karena penutupan total perbatasan akan berlaku hingga berakhirnya masa PSBB Banjarmasin.

Pantauan Kompas.com di perbatasan Banjarmasin di Kilometer 6, sejumlah petugas gabungan sudah memblokade jalan menggunakan pagar besi.

Sejumlah kendaraan baik yang hendak masuk maupun keluar Banjarmasin diperintahkan untuk memutar balik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com