Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Konawe Utara Jemput PDP Corona yang Kabur dari RS Lari ke Kebun

Kompas.com - 28/04/2020, 15:57 WIB
Kiki Andi Pati,
Khairina

Tim Redaksi

KENDARI, KOMPAS.com - Pasien dalam pengawasan (PDP) corona yang kabur dari RSUD Bahteramas Sulawesi Tenggara (Sultra), inisial UN akhirnya ditemukan tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ia ditemukan di kebun miliknya di Desa Kokapi, Kecamatan Sawa.

UN yang bekerja sebagai karyawan perusaahan tambang nikel di Morosi, Kabupaten Konawe itu memilih mengisolasikan diri di kebunnya.

Baca juga: Pasien Reaktif Hasil Rapid Test Covid-19 Kabur dari RS Bahteramas Sultra

Bupati Konawe Utara Ruksamin yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 setempat mengatakan, dirinya bersama tim menjemput UN di kebunnya dengan menggunakan mobil ambulans.

Di lokasi, Ruksamin melakukan komunikasi dan menyakinkan UN untuk mau dirawat di rumah sakit.

"Alhamdulilah beliau kooperatif. Setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga, kami langsung jemput dia di kebunnya. Ini atas permintaan beliau (UN) saat saya komunikasi berharap agar bupati yang datang jemput dengan maksud untuk perlindungan,"ungkap Ruksamin via pesan WhatsApp, Selasa (28/4/2020).

Selanjutnya, Ruksamin bersama UN menuju mobil ambulans yang sudah dilengkapi fasilitas Alat Perlindungan Diri (APD) termasuk tim medis khusus penanganan covid-19.

Tim Covid-19 Konawe Utara terdiri dari polisi, TNI, dan tim medis langsung membawa UN menju RSUD Konut untuk selanjutnya diberikan penanganan medis dan berkoordinasi ke pihah RS Bahteramas.

Proses penjemputan pasien itu sempat mengalami hambatan karena lokasi masuk di area hutan dengan jalan yang sempit, berlumpur dan licin.

Lebih lanjut, Ruksamin juga menjelaskan alasan UN kabur dari RSUD Bahteramas Sultra karena merasa takut akan digabungkan dalam satu ruangan dengan pasien yang telah positif terjangkit virus corona.

UN mengaku sama sekali tidak mengidap virus yang bisa mematikan itu.

"Saya optimis UN negatif dari virus corona, semangatnya luar biasa.  Saya juga  memohon kepada masyarakat jangan kita saling mengucilkan, mari kita saling mendoakan, membantu dan mendukung memerangi virus corona karena kita juga tidak pernah tau kondisi kita seperti apa," harapnya.

Baca juga: PDP yang Sempat Dibantu Istri Kabur dari RS Positif Corona

Diberitakan sebelumnya, seorang warga Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) inisial UN kabur dari Rumah Sakit (RS) Bahteramas Kendari, saat  menjalani perawatan medis, Senin (27/4/2020).

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sultra dr La Ode Rabiul Awal membenarkan kejadian itu.

Ia menjelaskan pasien itu sudah dilakukan rafid tes dan hasilnya reaktif terpapar virus corona.

"Baru mau rencana uji swab tadi, pasiennya sudah lari. Sedang dicari pasiennya," ungkap Rabil Awal via pesan WhatsApp, Senin (27/4/2020) malam.

Ia menambahkan, pasien masuk rumah sakit Bahteramas dengan kondisi luka bakar seluas 1 persen di bagian selangkangannya akibat kecelakaan kerja.

"Pasien hanya dikasih obat minum, direncanakan untuk swab, tapi sudah kabur," terangnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com