Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Konawe Utara Larang Warga dari Luar Masuk ke Daerahnya

Kompas.com - 27/04/2020, 21:32 WIB
Kiki Andi Pati,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

KENDARI, KOMPAS.com- Bupati Konawe Utara Ruksamin mengeluarkan instruksi larangan masuk ke wilayah bagi warga luar kabupaten tersebut.

Larangan itu berlaku sejak Sabtu (24/4/2020), dengan menempatkan petugas di beberapa pintu masuk ke Kabupaten Konawe Utara.

Menurut Ruksamin, larangan masyarakat luar berkunjung di wilayahnya sebagai upaya untuk melindungi masyarakat Konawe Utara dari wabah virus corona atau Covid-19.

Apalagi saat ini arus mudik masyarakat meningkat baik dari dalam maupun luar daerah.

"Jadi perlu adanya pengawasan, pengawalan, peringatan dan tindakan tegas untuk mencegah masuknya pandemi mematikan di daerah kami," kata Ruksamin saat dihubungi, Senin (27/4/2020).

Baca juga: Pasien Reaktif Hasil Rapid Test Covid-19 Kabur dari RS Bahteramas Sultra

Ruksamin menjelaskan, meski belum ada kasus orang positif Covid-19, wilayah Kabupaten Konawe Utara dikelilingi zona merah seperti, Morowali Sulawesi Tengah, Kota Kendari dan Kabupaten Konawe.

Situasi itu dapat memberikan ancaman bagi masyarakat Konawe Utara jika tidak dilakukan pengawasan ekstra ketat.

"Jika ada warga dari luar daerah Konut (Konawe Utara) masuk, disuruh balik. Tidak mau balik, maka cepat lapor kepada saya. Minta alamatnya di mana, kita jemput pakai mobil ambulans dengan tim hazmat untuk selanjutnya kita kurung di ruang isolasi RSUD Konut,” tegas Ruksamin.

Jemput Langsung Warga dari Luar Konawe Utara

Ruksamin bersama Kapolres Konut AKBP Achmad Fathul Ulum langsung menjemput seorang laki-laki yang baru pulang dari Kota Makassar di rumahnya, Kelurahan Molawe pada Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Bupati Konawe Minta Gubernur Sultra Stop TKA dari China

Laki-laki itu dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe Utara untuk dilakukan pemeriksaan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan gejala Covid-19, maka laki-laki itu harus diisolasi di RSUD Konawe Utara.

“Beliau sangat kooperatif. Sesuai dengan protokol kesehatan kami naikkan di mobil dan sekarang sudah berada di ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Konut,” ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com