Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Ibu dan 2 Anaknya Positif Corona, Ini Kronologinya

Kompas.com - 26/04/2020, 17:57 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Ade Yasin mengatakan, ibu dan dua anak yang dinyatakan positif virus corona baru atau Covid-19 telah dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Video ibu dan dua anaknya saat dijemput tim medis sempat viral di media sosial. Sang ibu terlihat memeluk kedua anaknya di dalam ambulans.

"Iya memang benar (kakak beradik tertular Covid-19) di Kabupaten Bogor, usianya delapan dan empat tahun, dalam satu keluarga (ibu)," kata Ade melalui keterangan tertulis, Minggu (26/4/2020).

Ade menegaskan ibu dan dua anaknya itu dinyatakan positif corona berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan di laboratorium RS Polri Jakarta.

Bupati Bogor itu menjelaskan kronologi pelacakan kasus positif corona satu keluarga di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor itu.

Baca juga: Viral Video Ibu dan 2 Anaknya yang Positif Corona Berpelukan di Ambulans

Menurutnya, sang ayah yang bekerja di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, menjalani rapid test virus corona baru dan dinyatakan nonreaktif pada 12 April 2020.

Sang ayah pulang ke rumah pada Selasa (14/4/2020). Tiba di rumah sekitar pukul 18.00 WIB, sang ayah langsung membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan keluarganya.

Berdasarkan penuturan sang istri, kata Ade, sang ayah baru berinteraksi dengan anaknya setelah shalat Isya. 

Tapi, tiga jam kemudian, ketiga anaknya mengeluh sakit kepala dan demam. Saat diukur, suhu tubuh ketiga anaknya di atas 38 derajat celcius.

"Dan pada pagi harinya 15 April jam 10 dibawa ke rumah sakit," kata Ade.

Ketiga anak itu dibawa ke salah satu rumah sakit di Kabupaten Bogor. Tim medis rumah sakit melakukan rontgen dan menyatakan ada peradangan di paru-paru ketiga anak itu.

Tim medis lalu melakukan tes darah. Berdasarkan hasil tes, limfosit ketiga anak itu menurun dan mengarah kepada Covid-19.

"Karena kondisinya kurang bagus dinyatakan PDP," kata Ade.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com