Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daop 6 Yogyakarta Batalkan Sementara Seluruh Perjalanan KA Jarak Jauh hingga 30 April

Kompas.com - 25/04/2020, 10:30 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta membatalkan sementara seluruh perjalanan KA jarak jauh hingga 30 April 2020.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan, pembatalan seluruh perjalanan KA jarak jauh ini menindaklanjuti keputusan pemerintah terkait larangan mudik Lebaran 2020 bagi masyarakat.

"Pembatalan sementara seluruh perjalanan KA jarak jauh mulai 25 April 2020. Baik yang menuju arah barat (Jakarta/Bandung) maupun arah timur (Surabaya/Ketapang)," kata Eko, saat dihubungi, Sabtu (25/4/2020).

Baca juga: Daop 8 Surabaya Batalkan Seluruh Perjalanan KA Penumpang Jarak Jauh dan Menengah

Pembatalan seluruh perjalanan KA jarak jauh baru dimulai hari ini karena Jumat (24/4/2020) masih terdapat empat perjalanan KA jarak jauh yang melintas di wilayah Daop 6 Yogyakarta, yakni KA Bima, KA Kahuripan, KA Wijayakusuma, dan KA Ranggajati.

"Pembatalan ini sementara ditetapkan hingga 30 April 2020. Nanti kita evaluasi mengikuti perkembangan dan akan diinformasikan secara resmi," terang dia.

Dengan adanya pembatalan seluruh perjalanan KA jarak jauh, membuat seluruh stasiun di wilayah Daop 6 Yogyakarta untuk sementara tidak melayani keberangkatan penumpang KA jarak jauh.

Eko menyampaikan, penumpang KA jarak jauh yang batal berangkat akan dikembalikan tiketnya 100 persen.

"Penumpang akan dihubungi melalui contact center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun," terang Eko.

Baca juga: Kereta Api di Daop 9 Jember Berhenti Angkut Penumpang Mulai 25 April

Sementara ini, Daop 6 Yogyakarta hanya melayani perjalanan KA lokal, yakni KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA angkutan barang.

Adapun KA Prameks yang masih beroperasi antara lain empat perjalanan relasi Yogyakarta-Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, dan pukul 15.55 WIB.

Kemudian, empat perjalanan relasi Solo Balapan-Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB, dan 18.12 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com