Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

23 Pasien Klaster Gowa asal Dompu Dinyatakan Positif Corona

Kompas.com - 24/04/2020, 09:27 WIB
Syarifudin,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

DOMPU, KOMPAS.com - Dari hasil tes swab di RSU Provinsi NTB, sebanyak 23 warga Kabupaten Dompu, terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19.

"Dari 58 sampel swab yang kami kirim, 23 pasien di antaranya positif Covid-19," kata Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dompu, Jufri, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/4/2020).

Sebelumnya, satu orang pasien berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal beberapa waktu lalu dinyatakan positif corona, sehingga kasus positif tertular Covid-19 di Dompu, NTB, sebanyak 24 orang.

Penambahan 23 orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, lanjut dia, berasal dari klaster Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Gubernur: Puncak Kasus Positif Covid-19 di NTB Diprediksi Agustus

Dengan penambahan kasus positif ini, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 segera melakukan contact tracing terhadap para pasien positif Covid-19 yang merupakan klaster Gowa asal Dompu tersebut.

"Kepada orang-orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan 23 pasien ini akan dilakukan rapid test. Kemudian untuk anak dan istrinya tidak perlu rapid lagi, langsung di swab sesuai dengan protap yang ditetapkan," ucap Jufri.

Dia menyebutkan, sebelum dinyatakan positif, 23 pasien tersebut bersama puluhan jemaah lainya menjalani karantina di Rumah Sakit Pratama Dompu.

Seluruhnya, ada 58 jemaah tabligh yang mengikuti ijtima ulama di Kabupaten Gowa, di karantinas di RS tersebut.

Mereka diharuskan menjalani karantina setelah dinyatakan reaktif berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test.

Namun, setelah hasil swab keluar dan diumumkan pada Kamis (23/4/2020) malam, sebanyak 23 orang di antaranya dinyatakan positif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com