Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Agung Solo Tiadakan Sementara Kegiatan Ramadhan pada Tahun Ini

Kompas.com - 23/04/2020, 15:38 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Takmir Masjid Agung Solo, Jawa Tengah meniadakan sementara kegiatan yang mengundang massa selama bulan suci Ramadhan 1441 H/2020 M.

Hal tersebut sesuai rekomendasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), pemerintah, Kementerian Agama (Kemenag) dan ormas Islam di Solo untuk antisipasi penyebaran dan penularan virus corona atau Covid-19.

"Masjid Agung Solo sementara waktu meniadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat mengundang massa. Seperti shalat tarawih, buka bersama, tadarus bersama, sahur bersama sementara waktu kita tiadakan," kata Ketua Takmir Masjid Agung Solo, KH Muhtarom kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/4/2020).

Baca juga: Wali Kota Solo: Orang Jakarta Jangan ke Solo, Biarpun Itu VVIP

Muhtarom juga meniadakan sementara kegiatan iktikaf di Masjid Agung.

Karena kegiatan ini diikuti tidak hanya warga Solo dan sekitarnya. Namun, warga dari berbagai daerah juga ikut iktikaf di Masjid Agung.

"Karena berbagai daerah masuk ke Masjid Agung kita sulit untuk mendeteksi, sulit mengelola, sehingga sementara waktu kita tiadakan dulu," tutur dia.

Baca juga: Pemkot Solo Ancam Cabut Izin Pedagang Tak Pakai Masker Saat Berjualan

Pihaknya menganjurkan supaya masyarakat atau jemaah untuk sementara waktu dapat melaksanakan kegiatan ibadah Ramadhan di rumahnya masing-masing.

"Kita sudah sosialisasikan kepada masyarakat. Kita pasang imbauan di beberapa titik. Pada hari H-nya juga kita umumkan kepada jemaah," terang Muhtarom.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com