Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Dokter Perempuan di Garis Depan Penanganan Covid-19 di Banyuwangi, Dag-dig-dug Saat Pertama Ambil Swab

Kompas.com - 23/04/2020, 08:28 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Ririek Perwitasari dan dokter Roudhotul Ismaillya Noor adalah dua sosok "Kartini" masa kini yang berada di garis depan penangan wabah Covid-19 di Banyuwangi.

Dokter Ririek adalah dokter spesialis paru RSUD Blambangan Banyuwangi yang menjabat sebagi Ketua Tim Covid 19 di RS rujukan resmi pemerintah tersebut.

Sedangkan dokter Roudhotul Ismaillya Noor adalah dokter spesialis patologi klinik yang melakukan tes swab pada PDP.

Baca juga: Kondisinya Membaik, Pasien Positif Covid-19 di Banyuwangi Diisolasi di Rumah Dinas Bupati

Sebagai Ketua Tim Covid-19, dokter Ririek memimpin 30 orang yang terdiri dari tim dokter, tim perawat, dan tim laboratorium.

Tanggung jawab tim yang dipimpin dokter Ririek mulai dari memeriksa pasien, menentukan status pasien sebagai PDP hingga positif, merawat pasien, mengelola pemeriksaan swab, hingga menyatakan kesembuhan pasien.

“Kami bekerja dalam tim, bahu membahu satu sama lain sesuai dengan tugasnya masing-masing. Namun, tanggung jawab tetap ada di pundak saya sebagai ketua tim,” ujar Ririek dilansir dari rilis Pemkab Banyuwangi, Rabu (21/4/2020).

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Banyuwangi Pesan 1 Juta Masker Kain dan Dibagikan Gratis ke Warga

Saat menangani kasus pandemi Covid-19, Ririek mengaku sempat khawatir. Namun ia yakin bisa melakoni perannya.

“Awalnya memang takut, apalagi beberapa waktu lalu ada PDP meninggal. Tapi kembali lagi ke tanggung jawab, kalau kami takut, lalu siapa yang akan merawat dan mengobati pasien,” ujar dia.

Ia juga mengaku sempat merasa ada jarak dengan rekan dokter dan perawat ruangan non infeksius setelah mereka bergelut dengan corona.

Baca juga: Di Sebungkus Nasi, Ada Cerita Para Chef yang Dirumahkan

“Ya itu sih risiko sosial. Kami hanya bisa memberi pengertian. Dan Alhamdulillah, sampai sekarang kami semua sehat, bahkan sudah di rapid test juga hasilnya non reaktif,” ujarnya.

Sebagai dokter penanggung jawab pasien bukan berarti tidak ada resiko. Namun, Ririek mengaku selalu menerapkan protokol pemeriksaan secara benar agar risiko penularan bisa dicegah.

“Selama ini APD maupun peralatan safety-nya tersedia di RSUD dengan baik. Dan prosedur penanganan covid selalu kami pedomanani. Apalagi di RSUD kami terus menjaga imunitas dan dengan minum suplemen, dan vitamin sampai mengkonsumsi minuman rempah tradisional. Itu adalah upaya kami mengurangi resiko,” ujar dia.

Baca juga: Di Banyuwangi, 1 PDP Meninggal dan Hasil Tes Swab Positif Covid-19

Dokter Emil, dag dig dug saat ambil swab

Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus coronaShutterstock Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona
Selain dokter Ririek, salah satu Kartini masa kini di RSUD Blambangan adalah ada dr Roudhotul Ismaillya Noor Sp.PK.

Perempuan yang akrab dipanggil dokter Emil tersebut adalah dokter spesialis patologi klinik.

Saat pandemi Covid-19, dia bertugas mengambil swab dari pasien untuk diuji spesimen untuk menentukaan pasien positif atau negatif corona.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com