Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Peserta Ijtima Ulama Gowa di Bulukumba Positif Corona

Kompas.com - 22/04/2020, 14:12 WIB
Himawan,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Satu peserta Ijtima Gowa di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil lab swab, Senin (20/4/2020).

"Pasien dirujuk dari Bulukumba ke RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar kemarin (Selasa)," kata Kasubag Humas dan Pemasaran RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Dewi Rizki Nurmala melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Covid-19 Bulukumba Daud Kahal membenarkan pasien Covid-19 berinisial TU (22) itu merupakan peserta Ijtima Ulama Gowa yang tiba di Bulukumba pada 20 Maret 2020.

"Pasien TU bersama teman-teman jamaah yang lainnya selama ini tinggal dan menginap di mushala di Jalan Lanto Dg Pasewang dekat Kantor Dinas Pariwisata Bulukumba," kata Daud.

Baca juga: Puluhan Warga Brebes Eks Peserta Ijtima Ulama Gowa Reaktif Covid-19

Daud mengatakan, secara keseluruhan ada 17 orang peserta Ijtima Ulama Gowa berada di Kabupaten Bulukumba.

Para peserta tersebut sebagian besar merupakan pendatang dari daerah Parepare, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, hingga Palu, Sulawesi Tengah.

Peserta yang tinggal bersama TU, kata Daud, kini diisolasi mandiri di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba.

"Jemaah lainnya untuk sementara ini diisolasi mandiri di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja setelah juga diambil Swabnya oleh petugas," kata Daud.

Baca juga: Ganjar Minta Warga Jateng Eks Peserta Ijtima Ulama Gowa Segera Melapor

Selain tinggal di Jalan Lanto Dg. Pasewang, tujuh peserta ijtima lainnya tinggal di Kelurahan Matekko dan Kelurahan Jalanjang, Kecamatan Gantarang.

Hasil rapid test satu jemaah yang tinggal di daerah tersebut reaktif.

"Jadi sesuai laporan, ada 17 orang di Bulukumba dari klaster Ijtima Gowa. Semuanya masuk OTG karena memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com